KJRI Jeddah: Visa Umrah Disetop Sementara untuk Evaluasi

    Wanda Indana - 18 November 2020 02:23 WIB
    KJRI Jeddah: Visa Umrah Disetop Sementara untuk Evaluasi
    Foto udara memperlihatkan Ka'bah dan Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. Foto: AFP
    Jakarta: Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi, Endang Jumali, mengakui penerbitan visa umrah disetop sementara. Namun, penghentian ini dalam rangka evaluasi penyelenggaraan umrah.

    "Penyesuaian terhadap beberapa aspek misalnya protokol kesehatan," kata Endang kepada Medcom.id, Selasa, 17 November 2020.

    Menurut dia, sedianya tidak ada pernyataan tertulis dari Arab Saudi soal penghentian sementara penerbitan visa umrah ini. Pasalnya, ibadah umrah juga digelar secara bertahap selama pandemi virus korona (covid-19) masih berlangsung.

    Baca: Arab Saudi Stop Sementara Visa Umrah Jemaah Indonesia

    Dia menyebut secara sistem, pelayanan visa umrah sedianya masih dibuka. Hanya visa turis yang benar-benar ditutup total.

    "Hasil koordinasi kami dengan muasasah atau badan yang ditunjuk untuk mengurus visa, sekitar tanggal 20 ke atas sudah ada lagi untuk penerbitan visa," jelas Endang. 

    Pernyataan serupa diungkapkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Oman Fathurahman. Selain evaluasi, proses visa ditutup untuk pengaturan penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia. 

    Oman menyebut ada beberapa temuan yang harus menjadi perhatian penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU). Masalah ini meliputi prosedur tes usap, penanganan kasus positif, pendampingan ketat saat beribadah di Masjidil Haram, serta proses pemulangan jemaah.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id