GeNose C19 Dipakai untuk Cek Penumpang Kereta Mulai Februari 2021

    Candra Yuri Nuralam - 24 Januari 2021 14:01 WIB
    GeNose C19 Dipakai untuk Cek Penumpang Kereta Mulai Februari 2021
    Alat GeNose C19 yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada. Dok. UGM.



    Jakarta: Pemerintah berencana menggunakan Gadjah Mada Electric Nose Covid-19 (GeNose C19 ) sebagai alat tes untuk penumpang perjalanan kereta api di sejumlah stasiun di Indonesia. Alat pendeteksi covid-19 buatan dalam negeri itu rencananya mulai digunakan awal Februari 2021.

    "Kami rencanakan penggunaannya sudah dimulai pada 5 Februari 2021 pada stasiun kereta api terlebih dahulu," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kepada wartawan, Minggu, 24 Januari 2021.






    Pemerintah juga berencana menggunakan GeNose sebagai alat pemeriksaan covid-19 di bandara, terminal, dan pelabuhan. Hal itu akan dilakukan jika penggunaan GeNose di stasiun kereta api berjalan baik.

    Penggunaan GeNose C19 tinggal menunggu restu Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Jika sudah mengantongi izin, Kementerian Perhubungan akan langsung menyebarkan edaran penggunaan GeNose di Stasiun Kereta Api.

    "Kami sudah berkomunikasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dan akan segera ditindaklanjuti dengan surat persetujuan untuk penggunaan di simpul-simpul transportasi umum," ujar Budi.

    Baca: KAI Bakal Gunakan GeNose C19 untuk Deteksi Covid-19

    Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan uji coba pemanfaatan alat deteksi covid-19 GeNose di Stasiun Pasar Senen. Alat tersebut nantinya akan dipasang pada simpul-simpul transportasi publik.

    "Alat GeNose menjadi solusi dari permasalahan alat screening dan diagnosis yang saat ini masih cukup mahal dan ketersediaannya terbatas," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 23 Januari 2021.

    GeNose merupakan alat deteksi covid-19 yang digunakan untuk meningkatkan screening virus korona melalui hembusan nafas dengan tahap 4T, yaitu Tracking, Tracing, Testing, dan Treatment.

    GeNose melakukan deteksi melalui hembusan nafas, sehingga memberikan rasa nyaman dan dapat digunakan oleh masyarakat dari anak-anak hingga lansia. Pengecekan melalui alat GeNose juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

    Menurut Luhut penggunaan alat GeNose sendiri telah diakui oleh Kementerian Kesehatan dan didukung oleh Kementerian Perhubungan sebagai alat tes yang digunakan untuk aktivitas perjalanan masyarakat menggunakan transportasi umum.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id