KNKT Butuh 1 Minggu untuk Transkrip Data CVR

    Yurike Budiman - 31 Maret 2021 14:21 WIB
    KNKT Butuh 1 Minggu untuk Transkrip Data CVR
    Cockpit voice recorder (CVR) atau black box perekam suara kokpit Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan. Medcom.id/Yurike Budiman



    Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membutuhkan waktu satu minggu untuk mentranskrip data cockpit voice recorder (CVR) Sriwijaya Air SJ-182. Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, mengatakan tanpa data CVR bakal sulit menemukan penyebab kecelakaan pesawat.

    "CVR ini nanti kita akan bawa ke laboratorium dan kita akan proses untuk pembacaan yang akan memerlukan waktu kurang lebih antara 3 hari sampai 1 minggu," kata Soerjanto di Terminal JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, 31 Maret 2021.






    Kemudian, pihaknya akan mencocokkan data di CVR dengan data di flight data recorder (FDR). Dia menegaskan KNKT serius menginvestigasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

    "Kita serius melakukan investigasi untuk membuka penyebab kecelakaan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi," ujar dia.

    (Baca: CVR Sriwijaya SJ-182 Ditemukan Tak Jauh dari Lokasi Penemuan FDR)

    Sebelumnya, black box FDR Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan lebih dulu pada Selasa, 12 Januari 2021. FDR berisi data-data rekaman penerbangan dan semua aspek pesawat.

    Sementara itu, CVR ditemukan Selasa, 30 Maret 2021. CVR berisi percakapan pilot dengan co-pilot di kokpit.

    Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, Sabtu, 9 Januari 2021. Pesawat membawa 62 orang terdiri atas 6 kru aktif, 46 penumpang dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id