comscore

Bayar Pertalite Pakai Aplikasi Berlaku untuk Motor? Ini Jawaban MyPertamina

Adri Prima - 28 Juni 2022 18:38 WIB
Bayar Pertalite Pakai Aplikasi Berlaku untuk Motor? Ini Jawaban MyPertamina
Logo MyPertamina. Google Play Store
Jakarta: Pertamina Patra Niaga akan melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) pertalite dan solar dengan aplikasi MyPertamina mulai Jumat, 1 Juli 2022. Konsumen yang ingin membeli dua BBM tersebut harus mendaftar di aplikasi itu.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menuturkan penyaluran solar dan pertalite penugasan diatur lewat Peraturan Presiden Nomor 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020.
"Kami menyiapkan website MyPertamina yang dibuka pada 1 Juli 2022. Masyarakat yang merasa berhak menggunakan pertalite dan solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin, 27 Juni 2022.

Untuk metode pembayaran, Pertamina bekerja sama dengan LinkAja. Artinya, masyarakat juga harus memiliki akun LinkAja. Aplikasi MyPertamina sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Baca juga: Berlaku 1 Juli 2022, Ini Cara Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite

Sejauh ini, masih banyak konsumen yang minim informasi terkait dengan kebijakan baru tersebut. Beberapa netizen juga menanyakan apakah aturan membeli BBM bersubsidi via aplikasi juga berlaku untuk motor.

"Untuk motor pakai aplikasi nggak min," tanya seorang netizen di akun instagram @MyPertamina dikutip Selasa, 28 Juni 2022. 

Pertanyaan tersebut akhirnya dijawab oleh admin Instagram resmi MyPertamina yang menjelaskan bahwa untuk tahap I hanya berlaku untuk kendaraan roda empat alias mobil. 

"Kami informasikan pada tahap awal berlaku untuk konsumen Solar subsidi dan Pertalite roda 4. Pantau terus sosial media MyPertamina atau website subsiditepat.mypertamina.id untuk informasi lebih lanjut ya sobat," jawab @MyPertamina

Daerah yang terapkan aplikasi MyPertamina tahap 1


Uji coba awal penggunaan aplikasi MyPertamian akan dilakukan di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di 5 provinsi, yakni Sumatra Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Berikut adalah 11 daerah yang dijadikan sebagai wilayah implementasi tahap 1 untuk pembelian pertalite dan solar melalui aplikasi MyPertamina: 
  • Kota Bukit Tinggi (Sumatera Barat)
  • Kabupaten Agam (Sumatera Barat)
  • Kota Padang Panjang (Sumatera Barat)
  • Kabupaten Tanah Datar (Sumatera Barat)
  • Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan)
  • Kota Bandung (Jawa Barat)
  • Kota Tasikmalaya (Jawa Barat)
  • Kabupaten Ciamis (Jawa Barat)
  • Kota Sukabumi (Jawa Barat)
  • Kota Manado (Sulawesi Utara)
  • Kota Yogyakarta (DI Yogyakarta)


(PRI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id