Indonesia Masih Bebas Korona

    Nur Azizah - 07 Februari 2020 17:01 WIB
    Indonesia Masih Bebas Korona
    Ilustrasi virus korona. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Pusat informasi terpadu virus korona di bawah naungan kantor staf presiden memastikan belum ada warga di Indonesia terinfeksi virus korona. Pemerintah terus waspada. 

    "Pemerintah terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan untuk identifikasi virus korona," kata pelaksana tugas (Plt.)  Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Abetnego Tarigan di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Februari 2020.

    Abet mengatakan pemerintah bakal bekerja sama dengan organisasi kesehatan dunia (WHO). Ia memastikan penanganan virus korona sesuai prosedur yang ditetapkan WHO.

    "Namun penting bagi kami untuk waspada. Karena yang namanya epidemi urusannya public health," tutur dia.

    Abet mengajak warga menjaga pola hidup sehat. Dia juga mengingatkan masyarakat tak asal memberikan stigma pada seseorang yang memiliki sakit mirip terjangkit virus korona. 

    Indonesia Masih Bebas Korona
    Alat pendeteksi suhu tubuh dipasang di bandara. Foto: ANT/Fikri Yusuf 

    Pusat Informasi Terpadu Korona

    Pemerintah membentuk pusat informasi terpadu (PIT) virus korona. PIT akan memberikan informasi berkala kepada media setiap pukul 06.00 WIB dan 18.00 WIB setiap hari.

    Informasi ihwal jumlah korban secara global. Pusat informasi juga akan memberi tahu perkembangan virus korona di Wuhan, Tiongkok.

    "Tiongkok menjadi penting karena outbreak baru di sana dan perkembangan di Tiongkok menjadi indikasi kita bagaimana perkembangan di tempat lain," tutur dia.

    Abet meminta masyarakat aktif mengecek kesehatan bila mendapati gejala seperti demam dan panas. Kementerian Kesehatan juga sudah menerbitkan edaran ke seluruh pelayanan kesehatan daerah untuk proaktif merespons keluhan masyarakat. 






    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id