Jakob Oetama, Taipan Media Itu Telah Tiada

    Surya Perkasa - 09 September 2020 14:02 WIB
    Jakob Oetama, Taipan Media Itu Telah Tiada
    Tokoh Pers Nasional Jakob Oetama/MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Jakob Oetama meninggal pada Rabu, 9 September 2020. Pria kelahiran Borobudur, Magelang, 27 September 1931, ini memiliki kontribusi besar di dunia bisnis komunikasi dan jurnalisme.

    Jakob menamatkan pendidikan dasarnya di Yogyakarta. Dia melanjutkan studi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Seminari di Yogyakarta pada 1951. Setelah tamat, Jakob sempat bekerja menjadi guru di SMP Mardiyuwana, Cipanas, Jawa Barat, dan SMP Van Lith, Jakarta, hingga 1956.

    Sepak terjangnya sebagai wartawan dimulai usai menjadi guru. Rekam jejak karier Jakob dimulai ketika diamanahkan menjadi redaktur Mingguan Penabur pada 1956.

    Tujuh tahun berselang, dia mendirikan majalah Intisari bersama PK Ojong. Banyak yang menyebut majalahnya itu diilhami Reader's Digest dari Amerika Serikat.

    Pada 28 Juni 1965, Jakob bersama Ojong mendirikan harian Kompas. Sejak saat itu, harian tersebut ikut memberitakan catatan sejarah Indonesia dan dunia.

    Dia kemudian mendirikan The Jakarta Post, harian nasional Indonesia berbahasa Inggris yang banyak menjadi bacaan perwakilan negara asing di Tanah Air. Koran itu didirikannya bersama taipan bisnis dan media seperti Jusuf Wanandi, Muhammad Chudori, Eric Samola, Fikri Jufri, HG Rorimpandey, pendiri Tempo Goenawan Mohamad, hingga mantan Menteri Penerangan Harmoko.
     

    Halaman Selanjutnya
    Kompas Gramedia Group yang ia…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id