JK Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Donor Darah

    Arga sumantri - 06 September 2020 20:03 WIB
    JK Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Donor Darah
    Mantan Presiden Jusuf Kalla. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Palang Merah Indonesia (PMI) mencatat angka pendonor darah menurun hingga 50 persen akibat pandemi virus korona (covid-19). Ketua Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla (JK) mengajak masyarakat tetap meningkatkan kepedulian.

    "Di masa pandemi seperti ini, kepedulian kita haruslah dikedepankan. Termasuk kesadaran akan donor darah. Di Jakarta saja kita butuh 1.000 kantung darah per hari," kata Jusuf Kalla dalam keterangan tertulis, Minggu, 6 September 2020.

    Dia mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang digelar Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) yang berhasil mengumpulkan 465 kantung darah dari 527 pendaftar. Ini dinilai sebuah langkah positif menolong sesama di masa pandemi.

    Mantan wakil presiden dua kali ini juga bangga melihat data peserta donor darah yang banyak dari kalangan pemula atau baru pertama kali mendonorkan darah.

    "Aksi donor darah membantu PMI bisa tetap menjadi kontribusi yang mampu menggerakkan hati masyarakat untuk menyumbangkan darahnya demi menyelamatkan sesama," jelas JK.

    GDDPI digelar dengan tujuan meningkatkan jumlah stok darah PMI di tengah kondisi covid-19. Panitia melibatkan sejumlah organisasi kemasyarakatan, di antaranya Perempuan Untuk Negeri (PUN), Yayasan Batik Indonesia (YBI), Dharma Wanita Kemenko Perekonomian, Pertiwi, Pernik Nusantara, PP LIPI, Perempuan Jenggala, PSKD, Perempuan Jenggala dan Geronimo.

    GDDPI merupakan gerakan sosial bersama sejumlah organisasi untuk mengumpulkan kantung darah untuk PMI. Instansi medis harus terus didukung sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

    Baca: Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.245 Orang

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id