comscore

Memerangi Stunting Butuh Kekuatan Rakyat Semesta

Theofilus Ifan Sucipto - 15 Desember 2021 17:07 WIB
Memerangi Stunting Butuh Kekuatan Rakyat Semesta
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam telekonferensi di Jakarta. Foto: Dok Media Center Covid-19
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak seluruh pihak memerangi stunting. Keberhasilan mengatasi stunting bakal menjadi modal penting dalam membuat Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

“Harus melibatkan kekuatan rakyat semesta dalam perang melawan stunting,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Rabu, 15 Desember 2021.
Muhadjir menyebut ada lima elemen yang harus bergotong royong. Pertama, pemerintah pusat dan daerah sebagai sektor pemimpin. Hal itu tertuang melalui regulasi dan program-program kementerian/lembaga di pusat dan organisasi perangkat daerah (OPD) di daerah.

Baca: 1.500 Anak di Palembang Mengalami Stunting

“Kedua, sektor swasta  berperan mendukung penanganan stunting melalui program corporate social responsibility (CSR),” papar Muhadjir.

Muhadjir mengatakan sektor ketiga ialah perguruan tinggi melalui akademisi dan keilmuannya. Mereka berkontribusi dalam menopang daya dukung penanganan stunting.  

Elemen keempat, yakni masyarakat madani melalui kelompok filantropi. Kelompok masyarakat ini memiliki kemampuan sebagai altruis untuk membantu menangani stunting.

“Kelima, media massa menjadi pendukung dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat,” jelas Muhadjir.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berkaca dari kolaborasi pentahelix dalam penanganan covid-19. Skema tersebut dinilai bisa diadaptasi untuk penanganan stunting.

“Gotong royong ini harus terus dikembangkan dan makin dimantapkan,” tutur Muhadjir.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id