comscore

Survei: Milenial dan Generasi Z Puas dengan Kinerja Jokowi

Cahya Mulyana - 19 Desember 2021 22:52 WIB
Survei: Milenial dan Generasi Z Puas dengan Kinerja Jokowi
Presiden Joko Widodo dalam konferensi pes Senin, 23 Agustus 2021. Foto: BPMI
Jakarta: Mayoritas kaum milenial dan generasi Z puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pembangunan infrastruktur dan penanggulangan covid-19 paling diperhatikan para tunas bangsa.

"Sebanyak 66,34 persen generasi milenial dan generasi Z puas dengan cara pemerintahan Jokowi dan Maruf Amin menangani pandemi covid-19 di Indonesia," kata Direktur Eksekutif Indopol Survey and Consulting Ratno Sulistiyanto saat menjelaskan hasil surveinya, Minggu, 19 Desember 2021.

 



Menurut dia, 56,89 persen generasi milenial dan generasi Z merasa puas dengan keseluruhan kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin. Sebanyak 49,02 persen responden merasa cukup puas dan 7,87 persen merasa sangat puas.

Survei juga menemukan terdapat tingkat kepuasan yang tinggi terkait upaya pemerintahan Jokowi-Maruf dalam toleransi umat beragama. Tingkat kepuasan generasi Z dan milenial mencapai 79,33 persen, sedangkan tingkat ketidakpuasan 20,67 persen.

Baca: Survei: Pembangunan Infrastruktur Jokowi Diterima Rakyat

Namun, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf masih memiliki 'rapor merah.' Kepala Negara perlu menyelesaikan isu-isu terkait pemberantasan korupsi.

“Penilaian milenial terhadap pemberantasan korupsi hanya sekitar 39,76 persen (puas), sedangkan yang tidak puas berada di angka 60,24 persen,” tutur Ratno.

Selain penanganan korupsi, rapor merah kedua ada pada penanganan permasalahan pengangguran dan kemiskinan. Tingkat kepuasan generasi milenial dan generasi Z hanya mencapai 39,76 persen, sedangkan yang tidak puas 60,24 persen.

Jajak pendapat Indopol Survey melibatkan 1.230 responden berusia 17 tahun ke atas di 34 provinsi. Penentuan responden dilakukan dengan random sistematis.

Margin error survei, yakni ±2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dilakukan via tatap muka dengan protokol kesehatan covid-19 pada kurun waktu 19–27 November 2021.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id