comscore

Wapres: Indonesia Memiliki PR Meningkatkan Angkatan Kerja Berpendidikan Tinggi

Kautsar Widya Prabowo - 13 Januari 2022 13:54 WIB
Wapres: Indonesia Memiliki PR Meningkatkan Angkatan Kerja Berpendidikan Tinggi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut proporsi angkatan kerja di lapangan masih didominasi lulusan SMA dengan persentase 32 persen. Sedangkan lulusan perguruan tinggi memiliki persentase 10 hingga 12 persen pada tahun 2020. 

"Kita semua masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja berpendidikan tinggi,” ujar Ma'ruf saat memberikan Orasi Ilmiah pada Wisuda S1 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Syaichona Moh Cholil Bangkalan di Gedung Serbaguna Rato Ebuh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Kamis, 13 Januari 2022.
Ma'ruf mengingatkan jajaran terkait di bidang pendidikan dan ketenagakerjaan harus meningkatkan jumlah angkatan kerja berpendidikan tinggi. Sementara itu, pemerintah berkomitmen mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) unggul.

Salah satu kunci keberhasilan dalam mewujudkan cita-cita ini adalah kolaborasi. Ma'ruf menyebut diperlukan kolaborasi dan peran aktif seluruh lembaga pendidikan untuk mencetak generasi unggul bangsa Indonesia.

Baca: Wapres Tinjau Progres Pembangunan Hunian Sementara Korban Semeru

"Kita butuh peran aktif lembaga pendidikan, termasuk dari kalangan pesantren, madrasah, dan sekolah tinggi untuk mencapai cita-cita ini," ucap dia.

Selain lembaga pendidikan, diperlukan peran aktif dari para wisudawan dan wisudawati untuk mengamalkan ilmu yang didapat dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab, ilmu yang diamalkan akan memberikan dampak besar dalam membangun berbagai sektor kehidupan.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id