6 RS dan Lab Swasta Dedikasi Penuh untuk Pasien Korona

    Anggi Tondi Martaon - 18 Maret 2020 18:53 WIB
    6 RS dan Lab Swasta Dedikasi Penuh untuk Pasien Korona
    Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto. ANTARA Foto/Akbar Nugroho Gumay
    Jakarta: Pemerintah menerima komitmen bantuan penanganan virus korona (covid-19) dari tiga rumah sakit (RS) dan tiga laboratorium swasta. Keenam fasilitas kesehatan itu bakal penuh mendedikasikan sumber daya untuk pengananan pasien terkait wabah korona.

    Tiga rumah sakit siap menyetop pelayanan kesehatan ke pasien penyakit lain. RS Siloam Kelapa Dua, RS Mitra Keluarga Jati Asih, RS Hermina Karawang bakal hanya menangani pasien terkait wabah covid-19 jika dibutuhkan.

    "Ada tiga RS swasta yang mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya, dengan total sekitar 300 tempat tidur untuk penanganan kasus covid-19," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.

    Ketiga RS swasta itu mendedikasikan seluruh fasilitasnya untuk perawatan penderita korona. Penyakit selain covid-19 akan dirujuk ke RS lain.

    Baca: Pasien Korona Meninggal di Indonesia Melonjak Jadi 19 Orang

    Tiga laboratorium juga mendedikasikan seluruh sumber daya untuk memeriksa spesimen suspect korona. Bantuan uji sampel itu diberikan Siloam, Kalbe, dan Bunda Group.

    "Sehingga kita tidak lagi terpaku dengan RS rujukan yang ditentukan," kata dia.

    Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu menyambut baik bantuan tersebut. Uji klinis terhadap spesimen suspect korona diharapkan bisa dilakukan dengan cepat.

    "Ini yang menggembirakan untuk kita. Sehingga dengan cara ini maka deteksi dini, penemuan cepat kasus bisa dilakukan dengan maksimal," ujar dia.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id