Dua Alasan Covid-19 di Daerah Bisa Tinggi

    Sri Yanti Nainggolan - 04 Juli 2020 17:21 WIB
    Dua Alasan Covid-19 di Daerah Bisa Tinggi
    Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Ombudsman RI melihat ada dua penyebab beberapa provinsi di Indonesia memiliki angka positif covid-19 yang tinggi. Hal ini juga menunjukkan bagaimana kinerja para pemimpin daerah.

    "Pertama, kepala daerah aktif menguji covid-19 sehingga jumlah sampel makin banyak," ujar Wakil Ketua Ombudsman RI Lely Pelitasari Soebekty dalam webinar SmartFM, Sabtu, 4 Juli 2020.

    Kedua, daerah tersebut terpapar pendatang. Lima daerah dengan angka positif tertinggi per 2 Juli 2020 adalah Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan.

    Ombudsman juga menilai bahwa kebijakan yang diterapkan di daerah menjadi penentu. Kepemimpinan kepala daerah diuji di masa pandemi.

    "Respons, kecermatan, dan kecepatan bertindak kepala daerah. Bukan hanya dalam konteks kewenangan di wilayah masing-masing, tetapi juga mencermati pengaruh ke daerah lain," imbuh dia.

    Terutama bagi daerah yang memiliki ketergantungan dalam rantai pasokan, seperti transportasi, kesehatan, dan pangan. Kesigapan kepala daerah dalam menghadapi masa pandemi bisa menjadi pertimbangan untuk masyarakat melihat kepedulian pemimpin.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id