Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Terbentuk di 21 Provinsi

    Fachri Audhia Hafiez - 23 Maret 2020 16:13 WIB
    Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Terbentuk di 21 Provinsi
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin. MI/Adam Dwi
    Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan penanganan virus korona (covid-19) harus semakin luas dilaksanakan oleh semua daerah. Hari ini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tersebar puluhan provinsi.

    "Perwakilan di daerah-daerah sekarang sudah terbentuk di 21 provinsi," kata Ma'ruf di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jalan Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Senin, 23 Maret 2020.

    Ma'ruf tidak memerinci provinsi mana saja yang telah terbentuk gugus tugas itu. Namun, ia menjelaskan gubernur menjadi pusat komando penanganan covid-19 di daerahnya.

    "Terpenting sekarang adalah mendorong gugus tugas di provinsi yang diketuai oleh gubernur bekerja untuk memberikan pencegahan berkembangnya penularan melalui sosialisasi tentang social distancing atau jaga jarak," ucap Ma'ruf.

    Baca: Wapres Minta MUI Terbitkan Fatwa Pemulasaraan Jenazah Covid-19

    Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini meyakini pembentukan gugus tugas di daerah memasifkan upaya pencegahan virus. Kepedulian masyarakat mematuhi setiap seruan dan imbauan dari pemerintah juga menjadi faktor penting.

    "Melalui menjaga jarak tidak lagi melakukan kerumunan gunungan apalagi sampai kemudian di tempat-tempat hiburan dan bagi anak-anak yang sekarang. Misalnya dia tidak sekolah itu bukan berarti buruk bukan berarti dia tetapi dia belajar di rumah," ujar Ma'ruf.

    Kasus positif covid-19 di seluruh Indonesia per Senin, 22 Maret 2020, bertambah 65 pasien. Total pasien menjadi 579 orang. Sebanyak 30 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 49 orang meninggal.

    Sedangkan data di situs corona.jakarta.go.id menyebutkan ada 307 pasien positif di Ibu Kota. Sebanyak 180 pasien masih dirawat, sedangkan 77 lainnya isolasi mandiri. Pasien sembuh mencapai 21 orang dan meninggal 29 orang.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id