Kegiatan Peradilan MA Tak Terimbas Korona

    Cahya Mulyana - 17 Maret 2020 10:38 WIB
    Kegiatan Peradilan MA Tak Terimbas Korona
    Ilustrasi Mahkamah Agung. MI/Bary Fathahilah
    Jakarta: Mahkamah Agung (MA) belum memutuskan menghentikan seluruh kegiatan peradilan. Jajaran penanggung jawab pengadilan bisa meliburkan atau tetap menggelar kegiatan seperti biasa.

    "MA hingga saat ini belum mengeluarkan edaran atau mengambil kebijakan terkait penyebaran virus korona (covid-19)," kata juru bicara MA Andi Samsan Nganro kepada Media Indonesia, di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.

    Andi menuturkan MA menyerahkan keputusan itu kepada jajaran peradilan di daerah sesuai situasi dan kondisi masing-masing. Keputusan mesti memperhatikan surat edaran dan kebijakan nasional baik yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

    Dia mengatakan terhadap sidang perkara pidana terutama yang banyak menghadirkan pengunjung pelaksanaannya diserahkan kepada ketua pengadilan setempat. Sebab penyelesaian perkara pidana terkait dengan masalah hak asasi manusia seseorang.

    "Sedangkan untuk sidang-sidang perkara perdata, perdata agama, dan TUN (Tata Usaha Negara) tentu dapat memamfaatkan e-Litigasi sebagai pilihan. Untuk sidang-sidang perkara di MA masih berjalan seperti biasa dan mudah-mudahan tidak ada masalah," kata dia.

    (Baca: Jokowi: Saatnya Kerja, Belajar, dan Ibadah di Rumah)




    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id