70 Persen Kuota Haji Arab Saudi untuk Ekspatriat

    Nur Azizah - 07 Juli 2020 13:13 WIB
    70 Persen Kuota Haji Arab Saudi untuk Ekspatriat
    Ilustrasi Ibadah Haji/AFP.
    Jakarta: Pemerintah Arab Saudi tetap menyelenggarakan ibadah haji 1441 hijriah/2020 Masehi dengan pembatasan jemaah. Otoritas Arab Saudi hanya mengizinkan ibadah bagi penduduk Saudi dan warga negara asing yang tinggal di negara itu. 

    “Kuota haji tahun ini sebanyak 30 persen untuk penduduk Saudi dan 70 persen lainnya untuk warga asing atau ekspatriat yang saat ini tinggal di Saudi,” kata Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali seperti dilansir Situs Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Juli 2020.

    Pemerintah Arab Saudi juga menerbitkan aturan kriteria calon jemaah haji. Ekspatriat dengan penyakit menahun dilarang beribadah haji. Mereka juga diwajibkan memiliki sertifikat uji polymerase chain reaction (PCR) yang menyatakan negatif covid-19. 

    Baca: Arab Saudi Umumkan Protokol Ibadah Haji Terbatas

    Selain itu, hanya jemaah berusia usia 20 hingga 50 tahun yang diizinkan melaksanakan ibadah haji. “Jemaah juga harus berkomitmen menaati masa karantina yang telah ditentukan Kementerian Kesehatan Arab Saudi sebelum melaksanakan manasik,” kata Endang. 

    Bagi ekspatriat yang memenuhi standar dapat mendaftar melalui aplikasi Kementerian Haji dan Umrah, localhaj.haj.gov.sa. Proses pendaftaran dibuka lima hari, terhitung sejak kemarin, Senin, 6 Juli 2020 hingga 10 Juli 2020.

    Penentuan pemilihan calon Jemaah haji akan dilakukan secara daring. Calon jemaah terdaftar dan sesuai ketentuan persyaratan akan diminta melakukan penyelesaian dokumen dalam waktu yang ditentukan.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id