Satgas Perketat Pintu Masuk RI Cegah Varian Covid-19 E484K

    Fachri Audhia Hafiez - 08 April 2021 19:16 WIB
    Satgas Perketat Pintu Masuk RI Cegah Varian Covid-19 E484K
    Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito/Medcom.id/Fachri



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memperketat pintu masuk ke dalam negeri mencegah merebaknya mutasi covid-19 varian E484K atau Eek. Warga negara Indonesia (WNI) dan asing (WNA) diminta mematuhi ketentuan yang berlaku.

    "Memperketat proses screening pada saat warga negara asing dan warga negara Indonesia yang masuk dari luar negeri ke Indonesia," ujar juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, dalam konferensi televideo, Kamis, 8 April 2021.






    Pemerintah juga melakukan surveilans whole genome sequencing (WGS) untuk memetakan varian covid-19 yang masuk di Indonesia. Hal ini guna mendeteksi kasus lebih awal.

    Baca: Kasus Positif Covid-19 Kembali Sentuh Angka 5 Ribu Hari Ini

    Wiku menjelaskan E484K merupakan mutasi dari varian B117 yang berasal dari Inggris. Mutasi E484K yang terjadi pada protein spike adalah mutasi yang sama seperti ditemukan pada varian Afrika Selatan dan Brazil.

    "Serta dinilai lebih menular," ucap Wiku.

    Publik diharapkan tak panik terhadap temuan kasus itu. Disiplin protokol kesehatan merupakan kunci tak tertularnya varian tersebut.

    "Saya harapkan masyarakat tidak panik tapi hendaknya semakin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas," ujar Wiku.

    Sebelumnya, seorang pasien warga DKI Jakarta terpapar varian E484K dan dirawat di sebuah rumah sakit di DKI Jakarta. Pasien yang tak disebutkan namanya itu dipastikan telah sembuh.

    Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga memastikan pasien tersebut tidak memiliki riwayat bepergian ke luar negeri. Pasalnya, varian E484K tengah menyebar luas di Jepang.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id