Ini 4 Titik Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua

    Fachri Audhia Hafiez - 15 Februari 2021 13:26 WIB
    Ini 4 Titik Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua
    Ilustrasi vaksin covid-19. Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merancang empat pola pelayanan vaksinasi covid-19 tahap dua. Target sasaran penerima vaksin mencapai 38 juta jiwa.

    "Kami menggunakan empat pola, belajar dari pelaksanaan vaksinasi pada tenaga kesehatan di tahap satu," beber pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, dalam acara virtual Media Briefing Pelaksanaan Vaksinasi Tahap Dua bagi Petugas Pelayanan Publik, Senin, 15 Februari 2021.




    Pertama, pelayanan vaksinasi dilakukan di fasilitas kesehatan, baik pemerintah maupun swasta. Sebanyak 13.600 fasilitas kesehatan di Indonesia akan menyediakan pelayanan penyuntikan vaksin.

    Kedua, melalui institusi yang telah masuk dalam kategori kelompok penerima vaksin. Misalnya, anggota TNI-Polri bisa divaksinasi di fasilitas kesehatan TNI-Polri atau pejabat pemerintah melalui institusinya.

    Ketiga, vaksinasi massal di ruang publik. Hal ini dimungkinkan bagi penerima yang bekerja sebagai tenaga pendidik, pedagang pasar, pelayanan publik, dan pengemudi transportasi daring.

    (Baca: Jawa dan Bali Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua)

    "Kita sudah buktikan ini sangat efektif, kita sudah pernah lakukan di kota-kota besar di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan bahkan di Jakarta sendiri," ujar Maxi.

    Keempat, vaksinasi massal bergerak. Kategori ini serupa seperti di ruang publik dengan menunjuk lokasi tertentu.

    "Meskipun pelaksanaan berbeda tempat, namun pemerintah pasti memastikan pelaksanaan vaksinasi hanya dilakukan oleh vaksinator tenaga kesehatan yang sudah terlatih," tegas Maxi.

    Kemenkes akan memulai proses vaksinasi tahap dua pada Rabu, 17 Februari 2021 dengan sasaran 38 juta jiwa. Tahapan ini ditargetkan rampung April 2021.

    Pemerintah juga sudah mendata kelompok yang masuk dalam kategori prioritas pemberian vaksin tahap dua. Kelompok lainnya, meliputi lanjut usia (lansia), pedagang pasar, tenaga pengajar atau pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, dan aparatur sipil negara (ASN).

    Kemudian, pihak keamanan, petugas pariwisata, pelayanan publik, dan pekerja tranportasi publik. Atlet serta wartawan dan pekerja media juga menjadi bagian dari prioritas pemberian vaksin covid-19 tahap dua.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id