Menkes Beberkan Alasan Kasus Covid-19 Turun Saat Libur Imlek

    Fachri Audhia Hafiez - 17 Februari 2021 16:14 WIB
    Menkes Beberkan Alasan Kasus Covid-19 Turun Saat Libur Imlek
    Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: YouTube Kemenkes RI



    Jakarta: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan alasan penurunan kasus covid-19 saat libur Tahun Baru Imlek 2021. Salah satu pemicunya, libur panjang.

    "Kalau banyak menanyakan (kasus) ini turun, karena ini adalah dampak dari liburan panjang," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun YouTube Kemenkes RI, Rabu, 17 Februari 2021.




    Budi meyakini pengetatan aktivitas di masyarakat juga memicu penurunan kasus. Termasuk, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

    Namun, Budi akan ke rumah sakit dan laboratorium pemeriksaan spesimen untuk memastikan data penurunan. Sebab, libur panjang membuat sejumlah laboratorium swasta tutup.

    "Ingin memastikan apakah kasus konfirmasi yang turun itu disebabkan jumlah tesnya turun ataukah ada data-data lain kita bisa lihat," ujar Budi.

    (Baca: PPKM Mulai Efektif Turunkan Kasus, Ini Buktinya)

    Dia menyebut selama ini selalu terjadi peningkatan kasus 30-40 persen setiap libur panjang. Dia mencontohkan libur panjang Idulfitri 2020 yang menyumbang lonjakan kasus.

    "Kita lihat juga contohnya terakhir itu di November 2020 itu ada penurunan. Kemudian, ada liburan panjang pada saat itu langsung naik," ujar Budi.

    Sebelumnya, angka kasus covid-19 sempat menurun. Terjadi penambahan 6.765 kasus pada Minggu, 14 Februari 2021 dan 6.462 pada Senin, 15 Februari 2021.

    Namun, kasus konfirmasi positif covid-19 kembali naik mencapai 10.029 dalam sehari pada Selasa, 16 Februari 2021. Total, 1.233.959 kasus covid-19 terkonfirmasi di Indonesia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id