BNPB Berupaya Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat

    Theofilus Ifan Sucipto - 15 April 2021 12:58 WIB
    BNPB Berupaya Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat
    Direktur Kesiapsiagaan BNPB Eny Supartini dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis, 15 April 2021.



    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menilai kesiapsiagaan bencana di masyarakat perlu ditingkatkan. Sehingga, seluruh lapisan masyarakat bisa berpartisipasi meminimalkan dampak bencana.

    “Agar masyarakat tidak jadi objek. Tapi, sama-sama jadi subjek dalam rangka ketangguhan bencana,” kata Direktur Kesiapsiagaan BNPB Eny Supartini dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis, 15 April 2021.






    Eny mengatakan BNPB membuat sejumlah program untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Mulai dari Desa Tangguh Bencana hingga edukasi kebencanaan di sekolah.

    Contoh program lainnya, kampanye Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang mengusung slogan Siap Untuk Selamat. HKB diharapkan membangun kewaspadaan masyarakat sekaligus membangun partisipasi masyarakat dalam memitigasi bencana.

    Baca: BNPB Gabungkan Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim

    Eny juga memastikan penyandang disabilitas juga disentuh dalam program meningkat kesiapsiagaan bencana masyarakat. Salah satunya lewat unit Layanan Inklusi Disabilitas (LIDi).

    Ketua Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI) Catur Sudira mendukung pelibatan penyandang disabilitas dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Sebab, bencana merupakan masalah kemanusiaan yang tidak melihat latar belakang dan kondisi korban.

    “Kalau kemanusiaan artinya manusia apa adanya. Harus dilibatkan baik kawan-kawan difabel, (masyarakat) berbagai usia, dan jenis kelamin,” tutur Catur.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id