Ditanya Tipe Belajar, Jokowi: Saya Orangnya Tak Mau Kalah

    Fachri Audhia Hafiez - 02 Mei 2021 19:02 WIB
    Ditanya Tipe Belajar, Jokowi: Saya Orangnya Tak Mau Kalah
    Podcast Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap tipe belajarnya saat masih sekolah. Hal itu disampaikan Kepala Negara dalam podcast bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021.

    "Saya orangnya memang waktu SD, SMP, SMA, dan di universitas memang tidak mau kalah," ujar Jokowi melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu, 2 Mei 2021.






    Ungkapan tak mau kalah itu rupanya punya arti tersendiri bagi Jokowi. Dia tidak mau kalah dalam jam belajar dibandingkan temannya.

    Baca: Hardiknas 2021, Nadiem Makarim Tanyakan Pelajaran Paling Menantang, Terbanyak Matematika

    "(Dia) juara 1 misalnya, saya melihat 'oh belajarnya malam 2 jam, saya (harus) 4 jam'. Tidak mau kalah di situ maksud saya," terang Jokowi.

    Menurut dia, cara-cara seperti itu bisa mempermudah meraih cita-cita. Dia menuturkan belajar sejatinya bisa dilakukan di mana saja.

    Jokowi menceritakan pengalamannya ketika belajar di alam terbuka. Sebagai pecinta alam, dia menikmati gaya belajarnya.

    "Belajar kan tidak hanya di kampus, tapi di alam pun kita bisa bisa belajar. Pendidikan yang kita peroleh di luar ruang kelas itu juga sama pentingnya dengan pendidikan yang kita terima di dalam kelas," ujar Jokowi.

    Dia mengaku selalu belajar dari kesalahan dan tak pernah putus asa. Berkompetisi jadi favorit Jokowi.

    "Saya pikir itu yang juga membuat saya berani memulai wirausaha, mulai dari nol sebelum menjadi pejabat publik," ucap dia.

    Jokowi juga mengajak agar semua orang berani bergerak maju untuk mengetahui perkembangan diri. Keinginan tahu secara detail juga jadi modal dalam mengembangkan potensi diri.

    "(Karena itu) kenapa saya cek ke lapangan setiap pekerjaan-pekerjaan secara detail. Secara detail kadang-kadang masih meleset, apalagi tidak," kata Jokowi.


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id