Polda Metro Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Sulbar dan Kalsel

    Siti Yona Hukmana - 23 Januari 2021 00:17 WIB
    Polda Metro Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Sulbar dan Kalsel
    Polda Metro Jaya menyalurkan bantuan untuk korban bencana di Sulbar dan Kalsel, Jumat, 22 Januari 2021. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana


    Jakarta: Polda Metro Jaya menyalurkan bantuan kepada korban bencana gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) dan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel). Bantuan itu berupa barang-barang yang dibutuhkan masyarakat. 

    "Hari ini dilepas bantuan yang diberikan oleh Polda Metro Jaya cukup banyak. Kita masih mengumpulkan lagi memberikan bantuan lagi pada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 22 Januari 2021.




    Pelepasan bantuan dipimpin Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo. Yusri mengungkapkan bantuan itu berupa 43 ribu masker; 2.600 obat-obatan dan vitamin; bahan makanan baik itu mie instan, biskuit, minuman, beras dan bahan pokok lainnya; serta makanan bayi. Banyak bayi yang menjadi korban luka-luka ataupun berada di posko pengungsian. 

    "Juga ada pakaian yang kita kirim ke sana serta kebutuhan lain seperti selimut, sarung, kemudian tikar dan alat-alat mandi yang memang sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita di Sulawesi Barat dan Kalimantam Selatan. Ini hasil empati dari anggota Polda Metro Jaya," ungkap Yusri. 

    Baca: BMKG Ungkap Penyebab Banjir-Longsor di Sulut

    Menurut dia, pengiriman bantuan ini baru tahap pertama. Dia mengaku akan mengumpulkan lagi bantuan untuk dapat dikirimkan kepada korban bencama di Sulbar dan Kalsel. 

    "Segera kita distribusikan sesegera mungkin ke tempat sasaran yang membutuhkan," ucap dia. 

    Yusri menuturkan seluruh jajaran Polda Metro Jaya berbelasungkawa atas bencana alam di Sulbar dan Kalsel. Bencana, baik gempa maupun banjir itu, mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan luka-luka. 

    Dia menyebut berdasarkan data Kamis sore, 21 Januari 2021, total ada 91 korban meninggal akibat gempa di Sulawesi Barat. Kemudian, tiga orang dinyatakan hilang, 253 orang luka berat, 679 orang luka ringan, dan 240 orang luka sedang. 

    "Pengungsi ada sekitar 9.910 orang itu yang di Sulbar," ujar Yusri. 

    Sementara itu, banjir di Kalimantan Selatan mengakibatkan 21 orang meninggal dunia. Total jumlah pengungsi mencapai 63.638 orang. 

    "Itu masih terus dilakukan pencarian, kemungkinan jumlah korban akan bertambah lagi. Ini tim masih bergerak," ujar Yusri.  

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id