Indonesia Masih Punya Tiga PR Besar

    Ilham Pratama Putra - 16 Agustus 2019 22:24 WIB
    Indonesia Masih Punya Tiga PR Besar
    Bendera merah putih berukuran 16 meter, 8 meter dan 45 meter berkeliling Rengasdengklok untuk memperingati Peristiwa 16 Agustus 1945. ANT/Muhamad Ibnu
    Jakarta: Hari kemerdekaan Indonesia ke-74 harus menjadi momentum bagi Indonesia menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) yang belum selesai. Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Komaruddin Hidayat menyebut Indonesia masih memiliki tiga PR.

    "Harus punya birokrasi yang berwibawa dan efektif. Kedua, ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga, negara harus punya identitas kuat yang sakral," kata Komaruddin di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Jum'at 16 Agustus 2019.

    Menurut Komaruddin, tiga hal tersebut saling melengkapi. Menurutnya, jika satu poin hilang, akan mengacaukan langkah Indonesia untuk maju.

    "Problemnya ketika birokrasi tidak efektif, science dan technology tidak berkembang, yang menonjol identitas sektarian maka semakin berat bebannya bagi negara," terang Komaruddin. 

    Lebih lanjut, Komaruddin mengatakan, untuk dapat menjadi bangsa yang maju, Indonesia harus menguatkan kembali komitmennya sebagai satu identitas bangsa. Pasalnya, Indonesia terdiri dari berbagai suku.

    "Sebuah bangsa yang belum solid sebagai negara yang homogen itu akan makan energi yang banyak untuk menjaga kerukunan toleransi dan sebagainya, sehingga energinya tersedot ke sana," tutur Komaruddin. 

    Menurutnya saat ini Indonesia masih direcoki persoalan menyatukan perbedaan. Hal itulah yang dinilai Komaruddin membuat bangsa Indonesia tertinggal dengan bangsa-bangsa lainnya.

    "Saya ingin Agustus ini tiga tantangan tadi harus diatasi, sebab kalau tidak kita akan ketinggalan ke depan," pungkas Komaruddin. 



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id