Presiden Ingin Pengembangan Danau Toba Dilakukan Paralel

    Damar Iradat - 31 Juli 2019 15:48 WIB
    Presiden Ingin Pengembangan Danau Toba Dilakukan Paralel
    Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) mengunjungi Dermaga Jety Samosir di kawasan Pantai Pasir Putih, Samosir, Sumut, Selasa (30/7/2019) - ANT/Akbar Nafis Gumay.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menginginkan pengembangan pariwisata di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, dilaksanakan secara paralel. Ini meliputi pengembangan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) yang dilaksanakan bersamaan.

    “Ini pararel semuanya. Nggak bisa ini hanya produknya, SDM-nya ndak, atau hanya SDM dan produknya, tapi lingkungannya, hutannya tidak dikembalikan lagi. Nggak bisa,” kata Jokowi di Tano Ponggol, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu, 31 Juli 2019.

    Presiden menjelaskan pengembangan infrastruktur di antaranya pembenahan lingkungan. Ia berjanji menyelesaikan urusan air yang masih menjadi masalah di kawasan Danau Toba.

    Sebelumnya, Jokowi meninjau sejumlah destinasi wisata di kawasan Danau Toba sejak Senin, 29 Juli 2019 hingga Rabu, 31 Juli 2019. Pagi tadi, Jokowi sempat meninjau Kampung Adat Batu Persidangan yang terletak di Kampung Huta Siallagan, Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

    (Baca juga: Jokowi: Butuh Rp3,5 T untuk Kembangkan Danau Toba)

    Kampung ini merupakan salah satu daya tarik wisata di sekitar kawasan Danau Toba. Setelah itu, Kepala Negara menuju lokasi peninjauan kedua di Onan Baru (Pasar) Pangururan, Kabupaten Samosir. Setiap Rabu, ada pasar besar yang menjual segala komoditas dari setiap kabupaten. 

    Kemudian, Jokowi dan rombongan meninjau Tano Ponggol, Kabupaten Samosir. Di tempat ini Presiden meninjau Pelebaran Alur dan Rencana Pembangunan Jembatan Tano Ponggol.

    Jokowi berharap pengembangan sejumlah destinasi wisata di Danau Toba segera rampung. Sehingga, pemerintah bisa memasarkan Kawasan Wisata Danau Toba mulai tahun depan.

    “Mudah-mudahan ini selesai semuanya, termasuk juga dermaga, pelabuhan akan diselesaikan semuanya, sehingga kapalnya juga akan dibelikan lagi, ditambah. Dermaganya semua selesai, kita setelah itu akan promosikan, akan marketing secara besar-besaran Danau Toba,” jelas dia. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id