Pengungsi Gempa Sudah Kembali ke Rumah

    Candra Yuri Nuralam - 03 Agustus 2019 17:52 WIB
    Pengungsi Gempa Sudah Kembali ke Rumah
    Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo (kiri). Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id
    Jakarta: Masyarakat yang sempat mengungsi pascagempa di Banten sudah kembali ke rumah masing-masing. Sebab, kondisi saat ini sudah dinyatakan aman.

    "Pengungsi sudah berangsur pulang dari semalam ke rumahnya masing-masing. Saat ini sudah dipastikan aman, kondisi tidak ada perubahan sehingga dikatakan aman," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu, 3 Agustus 2019.

    Agus mengatakan para pengungsi sudah mulai kembali sejak pagi. Kepala BNPB Doni Monardo pun sudah mendatangi lokasi terdampak gempa.

    "Kepala BNPB sudah meninjau ke lapangan untuk (melihat) pengungsian layanannya sudah berjalan dengan baik atau tidak," ujar Agus.

    Baca: 178 Rumah di Banten Rusak Akibat Gempa

    Agus mengatakan BNPB menyambangi lokasi untuk memastikan kondisi terkini. BNPB juga mendata jumlah kerugian dan kerusakan pascagempa.

    Pendataan dibantu oleh TNI-Polri serta beberapa relawan. Hal ini untuk mengantisipasi tenaga tambahan jika ditemukan adanya kerusakan serius.

    "Tim kementerian, TNI, Polri dan relawan sudah bergabung juga di Lampung Selatan, Pandeglang, Serang, Lebak, dan Sukabumi mendampingi BNPB," pungkas dia.

    Gempa dengan magnitudo 6,9 melanda Banten. Gempa terjadi pukul 19.03 WIB, Jumat, 2 Agustus 2019. Titik gempa berada di 7,54 LS dan 104,58 BT atau 147 km barat daya Banten di kedalaman 10 km.

    Fenomena ini sempat berpotensi menyebabkan tsunami. Namun, kemudian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan tsunami tersebut beberapa jam setelah gempa.

    BNPB mencatat 1.050 orang mengungsi pascagempa. Para pengungsi terpisah di beberapa titik. 

    Sebanyak 1.000 jiwa mengungsi di halaman kantor Gubenur Lampung, dan kurang lebih 50 orang mengungsi di eks Hotel Lima Enam, Kabupaten Lampung Selatan.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id