Kapolri dan Panglima Terbang ke Papua Jelang HUT OPM

    Kautsar Widya Prabowo - 26 November 2019 16:36 WIB
    Kapolri dan Panglima Terbang ke Papua Jelang HUT OPM
    Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto: Istimewa
    Jakarta: Kapolri Jenderal Idham Azis berkunjung ke Papua. Kedatangan perdana Idham sebagai kapolri ini dilakukan untuk mengecek kondisi terkini di Bumi Cenderawasih. 

    Mabes Polri membantah lawatan orang nomor satu Korps Bhayangkara itu ihwal pengamanan peringatan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Minggu, 1 Desember 2019. OPM mengganggap tanggal ini sebagai hari kemerdekaan Papua. 

    "(Kapolri) memantau situasi (Papua)," kata Kepala Brio Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono di Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Desember 2019. 

    Menurut dia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ikut dalam kunjungan. Rombongan berangkat sore ini. 

    Argo memastikan personel yang disiagakan dalam pengamanan HUT OPM dirasa cukup, meskipun enggan membeberkan secara detail jumlahnya. Pihaknya menyebut pemantauan juga dilakukan di semua lokasi di Indonesia. 

    "Tidak Papua saja," tutur dia.

    Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Kamal mengatakan Kapolri akan berkunjung ke Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. "(Dalam rangka) jelang bulan suci natal dan tahun baru," tutur dia saat dikonfirmasi.

    Sementara itu, delapan daerah dianggap rawan menjelang 1 Desember 2019. Daerah itu meliputi Kabupaten Jayawijaya, Mimika, Intan Jaya, Yahukimo, Tolikara, Nduga, Kota Jayapura, dan Kabupaten Jayapura. 

    "Kami akan selalu melakukan pemantauan dan pengamatan jelang tanggal 1 Desember dan 14 Desember setiap tahunnya, termasuk tahun ini," kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, Senin, 25 November 2019.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id