Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Kapolri Ditargetkan Rampung Pekan Ini

    Anggi Tondi Martaon - 28 Oktober 2019 14:12 WIB
    Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Kapolri Ditargetkan Rampung Pekan Ini
    Calon Kapolri Komjen Pol Drs Idham Azis (Foto:MI/Tosiani)
    Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani berharap pengisian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) bisa dirampungkan pada pekan ini. Sebab, ada beberapa agenda penting yang harus segera dibahas komisi di DPR.

    Salah satu agenda penting yaitu uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri Komjen Pol Drs Idham Azis. Tugas tersebut menjadi tanggung jawab Komisi III.

    "InsyaAllah (pekan ini uji kepatutan dan kelayakan Kapolri)," kata Puan, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.

    Politikus PDI Perjuangan itu mengungkapkan, saat ini DPR dalam proses pengisian AKD. Setelah dilantik nanti, surat terkait uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri akan diserahkan kepada komisi terkait.

    "Setelah semua mekanisme dilakukan, insyaAllah nama yang diusulkan menjabat sebagai Kapolri periode mendatang akan dilantik," kata Puan.

    Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menambahkan, proses pengisian AKD akan diselesaikan, hari ini. Dengan demikian setiap tugas, termasuk uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri, bisa segera diselesaikan.

    "Besok komisi sudah siap. Rapim membahas Surpres (Surat Presiden). Minggu ini bisa selesai," kata Dasco.

    Selain itu, mantan Anggota Komisi III DPR RI itu menyebutkan, hingga saat ini belum ada penolakan terkait nama yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diprediksi, langkah Komjen Idham Azis menjadi Kapolri berjalan mulus.

    "Sampai saat ini belum ada penolakan pencalonan Idham Azis. Pimpinan kapasitas dan hasil kinerja akan didalami oleh Komisi III nanti," kata Dasco.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id