Tes Covid dan Vaksin Sebagai Syarat Perjalanan Perlu Ditinjau Ulang

    Heri Susetyo - 22 Juli 2021 13:20 WIB
    Tes Covid dan Vaksin Sebagai Syarat Perjalanan Perlu Ditinjau Ulang
    Penumpang KAI jarak jauh. Foto: MI/Fransisco Carolio



    Jakarta: Pemerintah diminta meninjau ulang persyaratan wajib tes antigen dan polymerase chain reaction (PCR) untuk penumpang angkutan umum. Menurut pemerhati dan praktisi transportasi logistik, Bambang Haryo Soekartono, aturan itu tidak efektif.

    "Pengguna transportasi publik, khususnya antarpulau sebaiknya tidak terhambat dengan persyaratan yang berat. Yang penting terapkan protokol kesehatan (prokes) dan diawasi ketat selama menggunakan transportasi publik," kata Bambang dikutip dari Media Indonesia, Jakarta, Kamis, 22 Juli 2021. 

     



    Menurut Bambang, penumpang yang sudah divaksinasi tidak perlu dimintai surat keterangan rapid test/PCR. Syarat rapid test/PCR cukup berlaku bagi penumpang yang belum divaksinasi.

    "Cukup satu syarat saja dan prokes diperketat. Di banyak negara, transportasi domestiknya hanya cek suhu tubuh," kata Bambang.

    Persyaratan yang memberatkan dikhawatirkan bisa menjadi formalitas. Akhirnya, tujuan menjadi tidak jelas dan disalahgunakan oknum memalsukan syarat tersebut.

    Baca: Stok Vaksin di Sejumlah Daerah Kosong

    Ia menyarankan masyarakat didorong menggunakan angkutan umum karena lebih mudah dipantau ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Sebab penumpang angkutan umum tercatat dalam manifest dan tujuannya jelas sehingga mudah dideteksi.

    Dia berharap ada perubahan kebijakan yang mempermudah masyarakat menggunakan transportasi publik. Terkait vaksinasi, Bambang menyarankan pemerintah memprioritaskan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

    "Mereka diprioritaskan karena menjadi tulang punggung ekonomi," ucapnya.

    Jumlah UMKM di Indonesia sekitar 67 juta unit usaha. Kontribusi kepada pendapatan domestik bruto sebesar 62-63 persen serta jumlah sumber daya manusia mencapai 97 persen dari total tenaga kerja.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id