Populer Nasional: Kesehatan Harimau Hingga Usulan Pedoman Restorative Justice

    Yogi Bayu Aji - 03 Agustus 2021 04:59 WIB
    Populer Nasional: Kesehatan Harimau Hingga Usulan Pedoman <i>Restorative Justice</i>
    Harimau. Foto: MI/Amir MR



    Jakarta: Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, tetap mengobservasi kondisi kesehatan dua harimau sumatra Tino dan Hari. Keduanya dinyatakan sembuh dari covid-19.
     
    "Secara klinis sudah tidak menunjukkan gejala klinis sakit lagi dan akan kami lanjutkan dengan uji laboratorium untuk memastikan satwa tersebut benar-benar negatif covid-19," kata Kepala Unit Pengelola TMR Endah Rumiyati di Jakarta, Senin, 2 Agustus 2021.
     
    Tino dan Hari dikonfirmasi terjangkit covid-19 dari hasil pemeriksaan. Kedua hewan itu menunjukkan gejala sakit.

    Baca: Sembuh dari Covid-19, Kesehatan Harimau Tino dan Hari Tetap Dipantau

     



    Endah menyebut pihaknya tak menutup kemungkinan bakal memeriksa seluruh satwa di TMR Ragunan. Hal itu untuk memastikan tidak ada satwa lain terjangkit covid-19.

    Artikel terkait harimau di Ragunan terjangkit covid-19 menjadi berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id. Artikel lain yang menarik perhatian pembaca, yakni soal usulkan pedoman khusus penerapan restorative justice (keadilan restoratif).

    Sejumlah lembaga penegak hukum dinilai masih berbeda dalam memaknai restorative justice. Para akademisi mengusulkan dibentuk pedoman khusus agar restorative justice diterapkan dengan baik dan tepat.
     
    "Penerapan restorative justice di Indonesia perlu dilegitimasi dan dipedomani oleh undang-undang atau setidaknya dalam peraturan pemerintah," kata Certified Mediator pada Pusat Pelatihan Pengembangan Pendayagunaan Mediasi (P4M) Andrea H Poeloengan dalam keterangan tertulis, Senin, 2 Agustus 2021.
     
    Andrea mencontohkan restorative justice di kepolisian. Eks komisioner Kompolnas itu menyebut Polri memaknai restorative justice penyelesaian di luar hukum formal dan mendamaikan.

    Berdasarkan hasil penelitian Kompolnas pada 2018 dan 2019, restorative justice di Polri sebenarnya lebih kental bertujuan mengatasi tunggakan perkara. Restorative justice juga untuk menghentikan perkara yang masih dalam proses penyelidikan maupun sudah tahap penyidikan.
     
    Berita terkait covid-19 pada satwa hingga restorative justice masih terus diperbarui. Klik di sini untuk mendapatkan berita terbaru dari Kanal Nasional Medcom.id.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id