Resmi, Masa Berlaku Tes PCR Jadi 3x24 Jam

    Theofilus Ifan Sucipto - 28 Oktober 2021 13:37 WIB
    Resmi, Masa Berlaku Tes PCR Jadi 3x24 Jam
    Ilustrasi virus korona. Medcom.id



    Jakarta: Pemerintah merevisi masa berlaku tes polymerase chain reaction (PCR) bagi pelaku perjalanan. Masa berlaku tes PCR kini menjadi 3x24 jam dari sebelumnya 2x24 jam.

    Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 55 Tahun 2021 tentang Perubahan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2, Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

     



    "Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bus, kapal laut, dan kereta api) harus menunjukkan PCR (H-3) untuk pesawat udara yang masuk/keluar wilayah Jawa dan Bali," dikutip dari salinan Inmendagri yang diterima Medcom.id, Kamis, 28 Oktober 2021.

    Syarat serupa berlaku bagi penumpang pesawat antarwilayah Jawa dan Bali. Sedangkan pengguna moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kapal laut, dan kereta api, mesti menunjukkan hasil tes antigen yang berlaku 1x24 jam.

    Inmendagri dikeluarkan dan ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Rabu, 27 Oktober 2021. Beleid berlaku sejak 27 Oktober hingga 1 November 2021.

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan harga tes PCR kembali diturunkan. Hal itu untuk menindaklanjuti respons masyarakat soal kewajiban tes PCR, khususnya penumpang pesawat.

    "Arahan Presiden agar harga PCR dapat diturunkan menjadi Rp300ribu dan berlaku selama 3x24 jam untuk perjalanan pesawat," kata Koordinator PPKM Darurat Pulau Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam telekonferensi di Jakarta, Senin, 25 Oktober 2021.

    Baca: Legislator: Fasiltas Tes PCR Daerah Harus Lengkap Baru Jadi Syarat Perjalanan
     

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id