comscore

Menko PMK: Penurunan Stunting 3% Perlu Peran Semua Pihak

M Iqbal Al Machmudi - 03 Maret 2022 11:51 WIB
Menko PMK: Penurunan Stunting 3% Perlu Peran Semua Pihak
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Foto: MI/Bagus Suryo
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan penanganan stunting di Indonesia menunjukan hasil baik. Prevalensi stunting di Indonesia menurun dari 27,6 persen di 2019 menjadi 24,4 persen pada 2021.

Muhadjir menilai butuh kerja sama semua pihak untuk menurunkan angka stunting 3 persen per tahun. Mulai dari pemerintah pusat lintas sektoral, pemerintah daerah, serta organisasi kemasyarakatan.
"Tentu itu tidak bisa kita tangani dengan sambil lalu. Untuk bisa mencapai 3 persen itu harus kerja keras habis-habisan, mengerahkan tenaga energi kita untuk menanggulangi stunting," kata Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis, 3 Maret 2022.

Muhadjir meyakini generasi-generasi emas yang sehat dan cerdas akan lahir pada 2025 jika target penurunan stunting sebesar 14 persen tercapai pada 2024.

"Dan itulah start awal untuk membangun Indonesia maju ke depan dengan dinakhodai anak-anak yang segar, yang betul-betul hebat karena secara fisik mentalnya bagus. Saya yakin di tahun Indonesia Emas itu akan lahir generasi yang berwawasan yang punya kemampuan dibanding generasi sebelumnya," ujarnya.

Baca: Pemkot Jayapura Optimistis Capai Target 0% Stunting pada 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menargetkan angka stunting menjadi 14 persen pada 2024. Untuk mengejar target itu, kata dia, penanganan stunting untuk 2 tahun ke depan harus turun sebesar 3 sampai 3,5 persen per tahun.

"Kalau dalam keadaan covid-19 yang babak belur ini kita masih bisa mencapai penurunan 1,7 persen per tahun. Maka untuk capai penurunan 3 persen kita tinggal berupaya menambahkan lagi 1,3 persen. Jadi Insyaallah bisa kita lakukan asalkan covid-19 bisa tertangani," tegas dia.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id