comscore

Tingkatkan Daya Saing, Saga Berikan Wadah Keterampilan untuk Siswa SMK di Jatim

Achmad Zulfikar Fazli - 19 Juni 2022 12:29 WIB
Tingkatkan Daya Saing, Saga Berikan Wadah Keterampilan untuk Siswa SMK di Jatim
Saga berupaya memberikan wadah keterampilan khusus serta pengetahuan tentang dunia industri kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan (SMK TKJ) di Jawa Timur (Jatim). Dok. Istimewa
Jakarta: Relawan Sahabat Ganjar (Saga) berupaya memberikan wadah keterampilan khusus serta pengetahuan tentang dunia industri kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan (SMK TKJ) di Jawa Timur (Jatim). Salah satu caranya dengan mengadakan lomba bertajuk, mempersiapkan kompetensi sumber daya manusia yang berdaya saing pada era society 5.0.

Kegiatan ini untuk mencari talenta kejuruan sekaligus menjadi sarana motivasi siswa untuk berinovasi dan meningkatkan intelektualitas diri. Selain itu, dapat menjadi bekal bagi para lulusan SMK memperoleh pekerjaan, mengembangkan sikap profesional, mampu memilih karier, mampu berkompetisi, dan mampu mengembangkan diri.
“Harapannya kegiatan edukatif seperti ini terus diadakan sebagai penyalur bakat siswa dan memberikan kesempatan belajar sekaligus berkompetisi bagi siswa-siswa diseluruh Indonesia,” ujar Dewan Perwakilan Wilayah Sahabat Ganjar Jawa Timur, Bambang Wahyuono, dalam keterangan tertulis, Minggu, 19 Juni 2022.

Baca: LPEI Dorong UMKM Ramah Lingkungan Masuk Pasar Ekspor

Dalam lomba yang diadakan di Garden Palace Hotel Kota Surabaya ini, seluruh peserta se-Jawa Timur mempresentasikan hasil karyanya. Para peserta yang mencapai 20 tim dari berbagai daerah itu mampu menyalurkan talenta kreatifnya.

Salah satu peserta dari SMK Telkom Malang Zidni Alfian Barik mengatakan lomba ini sangat menarik bagi semua siswa, karena menggunakan mikrotik sebagai alat utamanya. Sebab, mikrotik dapat menjadi access point penghubung jaringan dan sebagainya.

"Saya mendapatkan banyak pengalaman di lomba ini. Harapan saya agar lomba ini menjadi lomba yang sehat," ujar Zidni.

Para peserta lomba akan memperebutkan hadiah total Rp15 juta, serta piala dan sertifikat. Hadiah ini menambah semangat peserta yang mengikuti kegiatan lomba tersebut.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id