Jokowi Titip Persatuan Indonesia ke Anggota Paskibraka

    Damar Iradat - 17 Agustus 2019 22:00 WIB
    Jokowi Titip Persatuan Indonesia ke Anggota Paskibraka
    Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan jajaran terkait mengucapkan selamat kepada Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menitipkan pesan kepada anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka, Sabtu, 17 Agustus 2019. Anggota Paskibraka tahun 2019 ini dianggap tepat menyampaikan pesan persatuan untuk Indonesia. 

    Menurut Jokowi, anggota Paskibraka tahun ini mencerminkan betapa beragam suku di Indonesia. Anggota Paskibraka tahun ini memang mewakili setiap provinsi dari Sabang sampai Merauke.

    "Kita ini dianugerahi oleh Tuhan dan sudah jadi hukum Allah, hukumnya Tuhan kita hidup dalam keberbedaan. Berbeda suku, agama, berbeda etnis, berbeda bahasa daerah, berbeda budaya, berbeda adat, berbeda tradisi. Ini lah yang namanya Indonesia," kata Jokowi saat menjamu para anggota Paskibraka usai Upacara Penurunan Bendera di Istana Negara, Jakarta, Sabtu, 17 Agustus 2019. 

    Baca juga: Saat Jokowi Tepuk Pundak Komandan Upacara

    Jokowi menyampaikan, jangam sampai karena perbedaan agama, suku, bahasa daerah, dan tradisi malah menyebabkan Indonesia menjadi tidak bersatu. Oleh karena itu, Jokowi menitipkan persaudaraan kepada para anggota Paskibraka itu.

    "Saya titip, saudara-saudara adalah masa depannya Indonesia. Saya minta yang Aceh mengenal bagaimana yang ada di Papua. Yang di Papua mengenal bagaimana yang ada di Kalimantan. Yang di Sulawesi mengenal bagaimana yang ada di Jawa. Yang ada di Jawa mengenal yang ada di Bali, NTT, NTB, Maluku. Kita harus saling mengenal," ucapnya.

    Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, masa depan Indonesia tergantung para generasi muda. Ia pun kembali mengingatkan agar kesatuan NKRI tak dikorbankan hanya karena perbedaan pilihan dalam pemilu.

    Ia tak mengelak jika fenomena itu sempat terjadi selama Pilpres 2019. Padahal, menurut dia, Indonesia menjadi contoh-contoh negara lain karena sikap toleransi, sikap ramah dan sopan santunnya.

    Acara Silaturahmi Berlangsung Santai

    Acara silaturahmi Jokowi dengan anggota Paskibraka dan Paduan Suara Gita Bahana kali ini berjalan santai dan bersahabat. Istana bahkan mengundang grup musik RAN untuk menghibur para anggota Paskibraka dan Gita Bahana. 

    Jokowi juga sempat membuat kuis seperti yang ia biasa lakukan. Awalnya, Jokowi mempertanyakan pemilik kaki ukuran 43. 

    Salah satu anggota Gita Bahana, Abel Romario kemudian mengangkat tangannya dan langsung maju ke depan dan bersalam dengan sang Kepala Negara. Jokowi kemudian meminta Abel menyebutkan Pancasila dengan lantang. 

    Abel mampu menyebutkan kelima sila dengan benar. Jokowi kemudian memerintahkan ajudannya untuk mengambilkan paper bag berwana coklar tua ‎berisi sepatu.

    "‎Ini adalah sepatu saya. Sudah saya pakai, ini produksi dalam negeri dari Bandung. Ini saya berikan pada Abel. Jadi sepatunya sudah kotor dikit karena memang sudah dipakai," ucap Jokowi yang disambut dengan girang oleh Abel.

    Baca juga: Jokowi Berikan Sepeda ke Istri Menhan

    Jokowi kemudian mencari anggota Paskibraka bernama Rangga. Mendengar namanya dipanggil, Rangga langsung lari menuju panggung.

    Jokowi meminta Rangga memperkenalkan dirinya. Rangga pun menyampaikan nama lengkapnya, Rangga Wirabrata Mahardhika, asal Cikarang, Bekasi.

    Mantan Wali Kota Solo itu kemudian mengonfirmasi apa yang membuat Rangga gugup saat mengibarkan bendera pagi tadi. Sebab, Jokowi melihat langsung kegugupan Rangga di layar televisi.

    "Agak gugup pak, pas langkah akan ke tiang bendera. Pas di tiang bendera makin deg-degan," jawab Rangga.

    Jokowi kembali mencecar Rangga mengapa bisa sampai grogi. Bahkan, Jokowi sempat menggoda Rangga dengan pertanyaan tersebut.

    "Agak gugup kenapa? Apa ingat pacar di rumah‎?" tanya Jokowi yang disambut riuh seisi ruangan, sementara Rangga tersipu malu.

    Pada akhirnya, Jokowi menghadiahkan sepeda untuk Rangga. Sontak, Rangga langsung turun podium untuk mengambil sepeda. 








    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id