Bamsoet: Media Massa bak Tenaga Nuklir

    M Rodhi Aulia - 09 November 2019 10:00 WIB
    Bamsoet: Media Massa bak Tenaga Nuklir
    Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
    Jakarta: Media massa memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan kebenaran kepada publik. Peran ini semakin penting di tengah gejolak media sosial yang kini begitu dahsyat.

    "Siapapun bisa menyampaikan apapun melalui media sosial sehingga masyarakat kadang sulit membedakan mana yang fakta dan mana yang hoaks," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo di Jakarta, Jumat, 8 November 2019.

    Bambang menyadari media massa memiliki berbagai tantangan di tengah gejolak media sosial. Di antaranya, tak jarang publik lebih tergoda dengan narasi media sosial yang cenderung bombastis. Akan tetapi informasi yang tertuang belum tentu valid dan akurat.

    Di sinilah, kata Bambang, para pekerja media massa diharapkan dapat mengembalikan minat publik mendapatkan informasi dari media massa masing-masing. Media massa yang sudah teruji kebenarannya melalui konfirmasi dan validasi.

    Bambang menegaskan pemberitaan dalam media massa tak ubahnya seperti tenaga nuklir. Jika digunakan secara tepat, bisa menghasilkan energi yang bisa menerangi. Jika tidak, justru membuat ledakan mahadahsyat yang merugikan banyak orang. 

    "Karenanya, sangat penting bagi media massa untuk membuat berita secara utuh, tajam, dan selalu mengedepankan prinsip cover both side. Karena publik berhak mendapatkan informasi valid, bukan hanya sekadar informasi bombastis," tegas Bambang.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id