Presiden Ingin Kapasitas Pelabuhan Tenau Ditingkatkan

    Damar Iradat - 21 Agustus 2019 20:13 WIB
    Presiden Ingin Kapasitas Pelabuhan Tenau Ditingkatkan
    Presiden Jokowi di Pelabuhan Tenau, Kupang, NTT. Foto: Medcom.id/ Damar Iradat.
    Kupang: Presiden Joko Widodo menyebut, saat ini kapasitas Pelabuhan Tenau masih jauh dari batas maksimum. Pelabuhan Tenau di Kupang siap untuk melayani lebih banyak lagi perjalanan kapal perintis, pelayanan bongkar muat peti kemas, hingga kapal ternak.

    "Kita lihat kapasitas masih sedikit longgar dari 110 ribu TEUs per tahun dengan kapasitas 240 ribu TEUs per tahun. Masih ada waktu longgar 7 tahun di sini," kata Jokowi di Pelabuhan Tenau, Rabu, 21 Agustus 2019.

    Kendati begitu, Kepala Negara mengapresiasi operasional kapal ternak yang melayani rute ke DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Sementara, kapal khusus ke Jakarta juga sudah  membawa 70 ribu sapi per tahun untuk memenuhi kebutuhan industri makanan.

    Mantan Wali Kota Solo itu melanjutkan, demi menambah muatan kapal dari Kupang menuju Indonesia bagian barat, pemotongan sapi akan dilakukan langsung di Kupang atau distribusi ke Jawa dalam bentuk daging beku.

    "Selain itu, muatan kapal juga bisa diisi garam kalau tahun depan sudah produksi. Ke Jawa diisi garam atau daging beku kalau sapinya dipotong di sini," ungkapnya.

    Presiden Ingin Kapasitas Pelabuhan Tenau Ditingkatkan
    Kunjungan Presiden Jokowi di Pelabuhan Tenau, Kupang, NTT.

    Jokowi sore tadi melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tenau. Ia ingin memastikan sistem bongkar muat, pelayanan kapal perintis, hingga operasi kapal ternak berjalan dengan semestinya. 

    Sebelumnya, Jokowi juga meninjau panen garam pedana di Desa Nunkurus. Selain itu, Jokowi juga membagikan sertifikat tanah kepada 2.706 warga. 

    Dalam kunkernya ke NTT kali ini, Jokowi turut didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate.



    (EKO)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id