Badan Kerja Sama Jabodetabekjur Dinilai Tak Efektif

    Kautsar Widya Prabowo - 07 Januari 2020 15:54 WIB
    Badan Kerja Sama Jabodetabekjur Dinilai Tak Efektif
    Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
    Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyarankan pemerintah pusat membentuk badan baru yang fokus menangani permasalahan lingkungan di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur). Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetebekjur dinilai tidak dapat bekerja optimal.

    "Sejauh ini hanya rapat-rapat rutin, enggak pernah membahas hal-hal yang dapat dilakukan bersama, masalah air, banjir, sampah," ujar peneliti Pusat Penelitian Tata Kota Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Galuh Syahbana Indrapahasta dalam diskusi Pendekatan Multi Dimensi dalam Penanganan Banjir di Jabodetabek, di Gedung LIPI, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Januari 2020.

    BKSP dibentuk melalui Instruksi Presiden (Inpres) 13 Tahun 1976. BKSP Jabodetabekjur dinilai gagal meminimalisasi timbulnya bencana banjir akhir-akhir ini.

    Padahal, permasalahan banjir bertumpu pada tata kelola lintas pemerintah daerah dan pusat. BKSP Jabodetabekjur dinilai tidak menjalankan tugas koordinasi.

    Galuh menilai sudah semestinya dibentuk badan baru di luar jalur koordinasi BKSP. Ini agar badan tersebut memiliki sumber daya manusia (SDM) dan pendanaan yang fokus pada penanganan lingkungan terutama banjir.

    "Saya pikir salah satu alternatifnya ialah misalnya (badan) di bawah presiden, di level kementerian atau lainya, yang pasti punya wewenang otoritas dan SDM (yang mumpuni) dari BKSP yang sekarang," kata dia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id