Orang Tua Harus Kreatif Jaga Anak Tak Stres Selama Pandemi

    Theofilus Ifan Sucipto - 24 Oktober 2020 17:53 WIB
    Orang Tua Harus Kreatif Jaga Anak Tak Stres Selama Pandemi
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Orang tua diimbau menghibur anaknya selama pandemi virus korona (covid-19). Pasalnya, anak-anak rentan stres karena tidak bisa bermain dengan teman sebaya.

    "Semangati anak-anak dengan tetap menjaga komunikasi dengan temannya melalui virtual, dengan tukaran foto, atau tegur sapa," kata psikolog anak dan keluarga, Sani Budiantini Hermawan, di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta Timur, Sabtu, 24 Oktober 2020.

    Baca: Kasus Sembuh Lebih Tinggi dari Temuan Kasus Covid-19

    Menurut dia, normalnya anak-anak menikmati waktu bermain khususnya di luar rumah. Namun, pandemi covid-19 membuat mereka harus tetap berada di rumah agar tidak tertular virus berbahaya itu.

    Sani mafhum anak-anak bakal bertanya lebih detail alasan tidak boleh bermain di luar. Dia menyarankan orang tua menjelaskan wabah covid-19 dengan bahasa yang sederhana.

    “Penjelasan situasi pandemi covid-19 ini menggunakan bahasa anak yang mudah dicerna dan tidak menimbulkan ketakutan,” ujar dia.

    Kreativitas orang tua, kata Sani, akan diuji untuk memberi pemahaman yang bersahabat dan menarik. Salah satu tipsnya yakni tetap tenang meyakinkan anak bila pandemi yang telah berlangsung tujuh bulan segera berakhir.

    Pendongeng asal Aceh, Agus Nur Amal, mengatakan dongeng menjadi sarana efektif dalam memberikan pemahaman kepada anak. Dongeng bisa dilengkapi alat peraga untuk memudahkan anak memahaminya.

    "Dengan menggunakan alat bantu barang yang dekat dengan anak-anak mereka akan senang dan pesan bisa sampai," tutur pria yang akrab disapa PM Toh itu.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id