Jokowi Tekankan Kerja Sama Bidang Pendidikan dengan Polandia

    Nur Azizah - 15 Mei 2017 07:47 WIB
    Jokowi Tekankan Kerja Sama Bidang Pendidikan dengan Polandia
    Presiden Joko Widodo. (MI/Panca Syurkani)
    medcom.id, Jakarta: Presiden Joko Widodo menekankan pengembangan kerja sama di bidang pendidikan dan pariwisata dengan Pemerintah Polandia. Perdana Menteri Polandia Beata Szydlo pun menyambut baik keinginan presiden.
     
    Di Polandia, Bahasa Indonesia telah menjadi mata kuliah di beberapa universitas di sana. Sementara di Indonesia, Bahasa Polandia sudah menjadi jurusan bahasa di Universitas Indonesia dan Atmajaya.
     
    Sejak tahun 1987 tercatat 400 mahasiswa Polandia telah menerima beasiswa Dharmasiswa dan sejak tahun 2011 sampai 2015, terdapat 6 mahasiswa Polandia yang menerima beasiswa Seni dan Budaya Indonesia.
     
    "Untuk itu saya mendorong finalisasi MoU Kerja Sama Pendidikan Tinggi kedua negara," kata Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Senin, 15 Mei 2017.
     
    Sedangkan kerja sama di bidang pariwisata, Presiden memberikan perhatian khusus terhadap kenaikan wisatawan Polandia ke Indonesia. Pada tahun 2016 ada sebanyak 27.903 turis Polandia yang berpelesir ke Tanah Air.
     
    Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyambut baik dibukannya paket wisata Warsawa-Denpasar-Warsawa dengan pesawat sewa Lot Polish Airlines.
     
    "Saya juga harapkan dukungan Polandia untuk rencana pembukaan penerbangan langsung Jakarta-Warsawa-Jakarta," imbuhnya.
     
    Pertemuan itu juga dimanfaatkan Jokowi untuk mendapatkan dukungan dalam percepatan negosiasi Indonesia- EU-CEPA (Europe Union-Comprehensive Economic Partnership).
     
    Mantan Wali Kota Solo ini pun menyinggung soal sektor maritim. Polandia memiliki tradisi maritim dan perkapalan yang baik dinilai dapat menjadi mitra dalam pengembangan industri kemaritiman di tanah air.
     
    "Saat ini Indonesia sedang mengembangkan infrastruktur maritim, termasuk pelabuhan dan perkapalan, guna meningkatkan konektivitas antar pulau di Indonesia. Untuk itu saya mendorong pengembangan kerja sama maritim dengan Polandia," kata Presiden.
     
    Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasinya kepada Polandia dalam kesepakatan saling dukung pencalonan kedua negara di Dewan Keamanan PBB. Indonesia mencalonkan untuk periode 2019-2020, sedangkan Polandia pada periode 2018-2019.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id