comscore

Masih Ingat Kasus Paul Zheng? Ini Kabar Terbaru dari Polisi

Muhammad Syahrul Ramadhan - 19 Agustus 2021 13:33 WIB
Masih Ingat Kasus Paul Zheng? Ini Kabar Terbaru dari Polisi
Jozeph Paul Zhang mengaku nabi ke-26 (YouTube)
Jakarta: Pada April 2021 nama Jozeph Paul Zhang viral di media sosial. Pemicunya adalah konten video di kanal YouTube miliknya yang berjudul Puasa Lalim, Paul Zhang mengaku nabi ke-26.

Paul Zhang pun kini sudah ditetapkan sebagai tersangka  kasus dugaan penistaan agama. Namun, statusnya yang bukan lagi WNI plus tidak berada di Indonesia membuat penangkapannya harus melibatkan interpol.
Polri kemudian menetapkan Jozeph sebagai tersangka dan menerbitkan daftar pencarian orang (DPO). Sektretariat National Central Bureau (NCB) Indonesia telah mengirimkan permohonan penerbitan red notice ke Interpol Pusat yang berada di Lyon, Prancis.

Lalu bagaimana kabar terbaru dari pengejaran Paul Zhang? Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengungkapkan permintaan red notice untuk  Paul Zhang tidak direspons Interpol. Sehingga upaya pengejaran dan penangkapan menjadi terkendala.
 
"Kami terkendala yuridiksi," kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Rabu, 18 Agustus 2021.
 
Agus menegaskan kasus ini terus diusut sejak video Jozeph viral di media sosial karena mengaku sebagai nabi ke-26.  Menurut Agus, Jozeph telah keluar dari Indonesia dan menetap di negara yang bukan yurisdiksi Polri, seperti Belanda dan Jerman.

Korps Bhayangkara masih menunggu kepastian dari otoritas negara setempat yang dicurigai menjadi lokasi tinggal Jozeph saat ini. Polri masih menunggu hasil koordinasi melalui Interpol maupun jalur diplomatik.
 
"Ya, menunggu karena dari Interpol juga belum ada, lewat jalur diplomatik juga belum ada perkembangan," kata Agus.


 

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id