Polisi Tangkap Pemasok Senpi ke KKB di Papua

    Kautsar Widya Prabowo - 25 Maret 2020 22:29 WIB
    Polisi Tangkap Pemasok Senpi ke KKB di Papua
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi meringkus tiga pelaku penjual, pembeli, dan pengantar senjata beserta amunisi untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), di Papua dan Papua Barat. Salah satu pelaku JI,26, diringkus pada Jumat, 20 Maret, pukul 04.50 WIT di Pelabuhan Manokwari. 

    Karo Penmas Divisi Humas Polri Brgijen Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan tersangka JI merupakan target operasi dari Satgas Gakkum Operasi Nemangkawi. Aparat membuntuti dan menyelidiki hingga JI ditangkap ketika turun dari kapal. 

    "JI operasi Satgas Nemangkawi yang telah dipantau selama 27 hari atau semenjak ia berangkat dari Kota Timika, Papua menuju ke Manado," ujar Argo melalui keterangan tertulis, Rabu, 25 Maret 2010. 

    Argo menjelaskan dua tersangka lain ditangkap di lokasi yang berbeda-beda. Pada Senin, 23 Maret 2020, pukul 20.30 WITA, Satfas menangkap FR,34, di kediamannya di Kelurahan Bailang Lingk III, Kecamatan Bunaken, Kota Manado. 

    Kemudian, Satgas menangkap RIB,22, di Kecamatan Wanea, Kota Manado, pada 23 Maret 2020, pukul 23.30 WITA. Dari tersangka RIB  diamankan barang bukti satu pucuk senpi dan satu butir amunisi sembilan milimeter yang dibalut dengan lakban hitam.

    Satgas juga mengamankan barang bukti dari tersangka JI, satu pucuk senjata api US Carabin, satu pucuk senjata api 38 SCP, satu pucuk senjata api kaliber 45 Caspion, satu pucuk Baby Uzi sebilan milimeter.

    Adapun amunisi yang disita sebanyak 67 amunisi. Dengan perincian amunisi 8,4 milimeter sebanyak 22 butir, amunisi cal 38 sebanyak 15 butir, amunisi cal 45 sebanyak 15 butir, dan amunisi 9 milimeter sebanyak 15 butir.

    Dari tangan tersangka RIB, Satgas juga mengamankan delapan unit ponsel berbagai jenis dan satu buah buku tabungan atas nama RIB beserta kartu ATM.




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id