Sepak Terjang Aktivis Antimasker yang Kini Terbaring karena Covid-19

    Adri Prima - 07 April 2021 15:40 WIB
    Sepak Terjang Aktivis Antimasker yang Kini Terbaring karena Covid-19
    M. Yunus saat melakukan aksi jemput paksa jenazah covid-19 beberapa waktu lalu. (ist)



    Jakarta: Sosok aktivis antimasker asal Banyuwangi, Muhammad Yunus Wahyudi, kembali menjadi buah bibir. Kali ini, pria yang sempat membuat gaduh media sosial tersebut kini justru terjangkit covid-19. 

    Dilansir dari Clicks.id, Yunus yang berstatus terdakwa kasus berita hoaks itu masih menjalani perawatan intensif di ruang isolasi napas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan, Banyuwangi. 






    "Hingga kini terdakwa Yunus masih harus dibantu pernapasan oksigen di ruang isolasi RSUD Blambangan, " ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, Widji Lestariono, Rabu, 7 April 2021. 

    Sedikit kilas balik tentang sepak terjang M Yunus. Ia menjadi tersangka kasus penyebaran hoaks di media sosial terkait covid-19 di Banyuwangi. Yunus juga melakukan penjemputan paksa jenazah positif covid-19 yang membuat dirinya viral dan semakin dikenal. 

    Aksi Yunus itu terekam dalam sebuah video yang beredar luas. Dalam video berdurasi 30 detik itu, tampak Yunus sedang berbicara dengan nada tinggi kepada tenaga kesehatan di Rumah Sakit.

    “Itu sakit (biasa), komplikasi sudah, jangan dibikin korona, mana saya yang ngubur, gak usah pakai masker, gak sakit apa-apa kok,” ucap Yunus.

    Terdakwa Muhamad Yunus Wahyudi ditahan aparat kepolisian dan dijerat dengan Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan pasal 45 huruf a jo Pasal 28 UU No 19 Tahun 2016 ITE dan Pasal 93 UU No 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

    Yunus juga melakukan penjemputan paksa jenazah covid-19 di salah satu rumah sakit Banyuwangi. Atas aksinya tersebut, Yunus ditahan di Polsek Giri lalu dipindahkan ke Lapas Kelas II Banyuwangi atas permintaan majelis hakim.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id