Anak Perlu Diajarkan Cara Beradaptasi Selama Pandemi Covid-19

    Yogi Bayu Aji - 24 Oktober 2020 19:36 WIB
    Anak Perlu Diajarkan Cara Beradaptasi Selama Pandemi Covid-19
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Pandemi virus korona (covid-19) membuat semua orang kebingungan tak terkecuali anak-anak usia dini. Untuk itu, orang tua berperan penting dalam mengajarkan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan. 

    Psikolog anak dan keluarga Sani Budiantini Hermawan mengatakan anak rentan pasti stres dengan situasi ini. Pasalnya, mereka biasanya lebih banyak bermain dengan teman-teman sebaya.

    Pandemi covid-19 memaksa semua pihak menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menjaga jarak. Menghindari kerumunan sejatinya bertolak belakang dengan tahapan perkembangan anak-anak.

    Baca: Penyintas Baru Sadar Pentingnya 3M Setelah Terjangkit Covid-19

    "Semangati anak-anak dengan tetap menjaga komunikasi dengan temannya melalui virtual, dengan tukaran foto, atau tegur sapa," ujar Sani di Media Center Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Sabtu, 24 Oktober 2020.

    Dia menambahkan tahapan pengembangan anak harus tetap berjalan selama di dalam rumah. Orang tua perlu menjelaskan wabah covid-19 dengan bahasa anak tanpa menimbulkan ketakutan.

    Orang tua, kata Sani, harus kreatif menjelaskan situasi ini dengan lebih bersahabat dan intonasi menyenangkan. Anak perlu diyakinkan pandemi yang sudah berlangsung tujuh bulan ini segera berakhir.

    Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani itu mengingatkan orang tua juga harus tetap tenang. Pasalnya, penanganan orang tua kepada anak ibarat pertolongan pertama dalam pesawat. 

    "Yang pertama kali menggunakan oksigen itu ibunya dulu agar aman sebelum ke anaknya," ungkap Sani.

    Pendongeng ternama asal Aceh, Agus Nur Amal alias PM Toh, mengatakan dongeng menjadi sarana efektif untuk memberikan pemahaman kepada anak. Alat bantu yang digunakan untuk mendongeng pun tak perlu dengan benda-benda khusus.

    "Dengan menggunakan alat bantu barang yang dekat dengan anak-anak mereka akan senang dan pesan bisa sampai," ujar PM Toh.

    Sementara itu, Satuan Tugas Covid-19 terus mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
     
    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id