Aman, Satgas Covid-19 Masih Miliki 800 Ribu Reagen

    Nur Azizah - 01 April 2021 18:05 WIB
    Aman, Satgas Covid-19 Masih Miliki 800 Ribu Reagen
    Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Selasa, 8 Desember 2020. Foto: Satgas Covid-19



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 masih memiliki stok 800 ribu reagen polymerase chain reaction (PCR). Jumlah ini belum termasuk stok di Kementerian Kesehatan. 

    "Ini juga di luar reagen yang ada di yang daerah," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 1 April 2021.






    Wiku memastikan stok reagen cukup untuk mengetes spesimen covid-19. Reagen akan didistribusikan secara merata. 

    Baca: Tingkat Kepuasan Tinggi, Pemerintah Dinilai Cepat Mengatasi Pandemi

    "Ini menjamin tercapainya angka testing covid-19 yang sesuai dengan standar dunia dan target tepat sasaran dalam memaksimalkan ketersediaannya," ujar Wiku. 

    Pemerintah berusaha menggunakan reagen, baik hasil produksi dalam maupun luar negeri. Hal ini diungkapkan merespons sejumlah laboratorium di daerah yang mengeluhkan stok reagen menipis, seperti di Lampung. 

    Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar Liwa, Lampung, bahkan sempat menghentikan pelayanan uji sampel swab. Stok reagen hanya cukup untuk kebutuhan pasien yang mendesak.

    Direktur RSUD Alimuddin Umar Liwa, Widyatmoko Kurniawan, menjelaskan untuk pemeriksaan sampel hasil tracing, pihaknya menunggu kiriman dari Kementerian Kesehatan dan anggaran pengadaan. Pemeriksaan sampel swab hasil tracing belum dilaksanakan karena reagen tersisa sedikit.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id