comscore

Susi Pujiastuti Pertanyakan Izin Kemenkos dalam Penggalangan Dana untuk Gala Sky

Sri Yanti Nainggolan - 09 Januari 2022 14:13 WIB
Susi Pujiastuti Pertanyakan Izin Kemenkos dalam Penggalangan Dana untuk Gala Sky
Susi Pudjiastuti. MI/RAMDANI
Jakarta: Susi Pudjiastuti tertarik dengan kasus penggalangan dana untuk anak Vanessa Angel, Gala Sky Ardiansyah. Pasalnya, Kementerian Sosial (Kemensos) disebut harus turut ambil andil. 

Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat melaporkan penggalangan dana yang dilakukan oleh Marrisya Icha untuk Gala Sky. Ia melaporkan sahabat Vanessa Angel tersebut ke Mabes Polri dan Kementerian Sosial. 

 



"Maaf, Kenapa harus ijin?" cuit Susi Pudjiastuti melalui akun @susipudjiastuti, Sabtu, 8 Januari 2022. 

Cuitan tersebut mendapat berbagai respons dari warganet. 

Cuitan Susi Pujiastuti soal izin Kemensos dalam penggalangan dana. Twitter @susipudjiastuti
Cuitan Susi Pudjiastuti soal izin Kemensos dalam penggalangan dana. Twitter @susipudjiastuti

"Kalau dari baca beritanya, biar aliran dananya bisa dipastikan benar benar sampai ke tujuan bu," ucap @garputrala. 

"Uang bansos dimakan sendiri, gaada tu izin sama rakyat dulu," sindir @cinnamon08gurl.

"Di medsos udah biasa dan banyak banget kegiatan donasi2 tanpa ijin. Misal bantu pengobatan netizen, bantu korban bencana alam dll. Kenapa baru ini diributin ijin kemensos ya?" tanya @zarazettirazr. 
 

Tanggapan Kemensos soal penggalangan dana Gala Sky 

Kementerian Sosial (Kemensos) menjelaskan aturan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) yang benar di tengah polemik soal donasi rumah Gala Sky. Pihak keluarga dari Vanessa Angel mempermasalahkan penggalangan tersebut lantaran dianggap tidak memiliki izin resmi.

"Apa yang terjadi terkait peristiwa terakhir ini bukan sesuatu yang baru di Kementerian Sosial, karena di seluruh Indonesia ada pemantau yang melakukan pemantauan terhadap aktivitas PUB di tengah masyarakat," ucap Direktur Pengelola Sumber Dana Bantuan Sosial, Salahuddin Yahya, dilansir dari Antara, Minggu, 9 Januari 2022. 

Baca: Susi Pudjiastuti Serang MK, Sebut Tak Bisa Berpikir Logis

Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 8 Tahun 2021 dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1961. Pengumpulan uang atau barang tidak boleh dilakukan oleh perorangan, melainkan lewat yayasan atau organisasi masyarakat yang berbadan hukum.

Terkait polemik, donasi untuk putra dari pesohor tersebut memang tidak memiliki izin. Bila penggalangan dana atau barang dilakukan dalam lingkup kabupaten/kota, izin harus dari bupati. Bila tingkat provinsi, izin turun dari gubernur. Bila sudah lintas provinsi, maka izin harus turun dari Kemensos.

Melalui regulasi ini, proses pengumpulan dana hingga penyaluran ke pihak yang bersangkutan akan dapat dipertanggungjawabkan. Kemensos juga akan bekerja sama dengan pihak-pihak lain yang terkait agar kegiatan pelaksanaan berlangsung tertib. 
 

Kemensos panggil penggalang dana untuk Gala Sky

Pihak yang bersangkutan dengan donasi untuk Gala Sky, lanjut Yahya, telah dipanggil Kemensos dan bersedia hadir pekan depan.

Kemensos tak langsung memberikan hukuman bila memang bersalah. Semua akan dilakukan secara bertahap. Sanksinya ada dua, yakni administrasi dan pidana. 

Jika memang setelah diselidiki dan diklarifikasi, pihak yang bersangkutan tetap melanggar aturan, dana yang dikumpulkan bisa dikembalikan ke negara.

Namun, langkah awal yang akan dilakukan adalah lewat edukasi dan pendekatan persuasif. Sebab, bisa jadi pihak yang bersangkutan memang tidak mengetahui bahwa penggalangan dana harus mendapatkan izin dari Kemensos. 

"Nanti akan dipandu agar mengikuti sesuai aturan," ucap Yahya. 


(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id