Jenazah Habibie Dibawa ke TMP Kalibata

    Kautsar Widya Prabowo - 12 September 2019 13:12 WIB
    Jenazah Habibie Dibawa ke TMP Kalibata
    Peti jenazah Presiden ketiga BJ Habibie dibawa dari rumah duka menuju TMP Kalibata, Jaksel. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Jenazah Presiden ketiga Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie di bawa menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Jenazah telah diserahkan dari keluarga kepada negara melalui proses upacara secara militer. 

    Peti Jenazah yang dibaluti bendera merah putih ditopang delapan prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Pasmpres). Anak bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie, mendampingi Habibie. 

    Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman selaku perwakilan negara juga memimpin jalannya upacara secara militer di rumah duka. TNI-Polri melakukan pasang sangkur untuk menandakan peti jenazah dibawa ke ambulans Paspamres berwarna putih.

    Prosesi selesai pukul 12.41 WIB. Dengan pengawalan ketat, jenazah dibawa menuju TMP Kalibata. Rasa haru menyelimuti kepergian pria kelahiran di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, itu ke liang lahad. 

    BJ Habibie tutup usia pada Rabu, 11 September 2019, sekitar pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Pasangan Hasri Ainun Besari itu wafat di usia 83 tahun.
     
    Jebolan Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) itu sudah seminggu dirawat di RSPAD Gatoto Soebroto. Dia ditangani puluhan tim dokter. Habibie didampingi anak dan cucu saat mengembuskan napas terakhir.
     
    Pemerintah pun menetapkan masa berkabung selama tiga hari. Seluruh lembaga dan instansi diimbau mengibarkan bendera setengah tiang hingga Sabtu, 14 September 2019.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id