Pergerakan Orang Asing di Indonesia Masih Sulit Dideteksi

    02 Agustus 2018 13:23 WIB
    Pergerakan Orang Asing di Indonesia Masih Sulit Dideteksi
    Sejumlah perempuan warga negara asing (WNA) diamankan saat Operasi Pengawasan Orang Asing diperlihatkan kepada awak media di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat. (Foto: MI/Arya Manggala)
    Jakarta: Kepala Bagian Humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Agung Sampurno mengakui pihaknya belum bisa mengawasi pergerakan orang asing yang berada di Indonesia.

    Sampai hari ini sistem yang dimiliki pemerintah, terutama Ditjen Imigrasi, baru mampu mencatat kedatangan dan keberangkatan orang asing di Tanah Air.

    "Makanya ketika sistem memberikan warning bahwa ada seorang asing yang harus meninggalkan Indonesia (overstay) kita tidak bisa mendeteksi dimana orang asing tersebut," ujarnya melalui sambungan satelit dalam Metro Pagi Primetime, Kamis, 2 Agustus 2018.

    Meski tak bisa melakukan pengawasan secara langsung, Agung mengatakan pemerintah tak kehabisan akal. Pihaknya memiliki aplikasi khusus pengawasan orang asing yang 'dititipkan' ke pengelola hotel atau penginapan.

    Pemilik penginapan diharapkan melaporkan kepada pemerintah apabila ada warga negara asing (WNA) yang menginap melebihi batas maksimal penerbitan visa. Pelibatan tim pengawas orang asing juga dioptimalkan.

    "Tujuannya mengumpulkan informasi untuk dicocokan dengan database lalu lintas orang yang keluar masuk. Ini upaya kami mencegah penyalahgunaan izin tinggal," kata dia.

    Selain itu pengawasan juga dilakukan imigrasi di bandara yang memang melayani kedatangan dan keberangkatan luar negeri.

    Data warga negara asing yang datang ke Indonesia akan diperiksa melalui daftar penumpang, moda transportasi yang digunakan, sampai dengan penggunaan visa. 

    "Sejak mereka datang, berada, dan tinggal di Indonesia termasuk saat beraktivitas semua proses (pengawasan) itu dilakukan sampai mereka meninggalkan Indonesia. Ini yang kami lakukan untuk," jelas dia.





    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id