Avitex 2016

    5 Persiapan Diri yang Harus Dilakukan Jelang Ujian

    Pelangi Karismakristi - 01 Desember 2016 07:26 WIB
    5 Persiapan Diri yang Harus Dilakukan Jelang Ujian
    (Foto:Amazonaws.com)
    medcom.id, Jakarta: Menjelang ujian, pada umumnya orang didera stres karena merasa tak siap, bahkan gugup. Mengingat pentingnya sebuah ujian untuk dilalui dengan baik, maka Anda perlu mempersiapkan diri.

    1. Jangan Panik

    Ujian merupakan salah satu hal penting untuk menuju jenjang berikutnya. Jangan panik, semua bisa Anda lalui dengan baik. Perbanyak berdoa untuk mendapatkan ketenangan. Sebab, jika Anda panik, maka segala persiapan yang disusun dengan baik akan lenyap dalam sekejap.

    2. Simulasi Ujian

    Bila kepanikan masih melanda, Anda mesti mencoba cara yang satu ini. Lakukan simulasi ujian, tapi Anda harus terlebih dahulu tahu, apa saja yang akan diujikan. Misalnya,tes wawancara. Anda bisa meminta tolong keluarga atau teman untuk berakting menjadi penguji. Buat suasana benar-benar seperti dalam suasana ujian wawancara. Atau apabila tes yang akan diujikan berupa soal pilihan ganda, essai, atau listening skill, lakukan hal yang sama. Biasanya waktu ujian dibatasi, Anda bisa membuat simulasinya dengan mengaktifkan alarm.

    3. Jaga Kondisi Tubuh

    Kekuatan fisik menjadi salah satu yang penting saat akan menghadapi ujian. Disarankan Anda menjaga pola tidur seminggu sebelum ujian, jangan sampai belajar hingga tengah malam. Sebab, ini akan berdampak pada hari H. Jika pola tidur tak teratur, Anda akan bangun kesiangan sehingga terlambat datang ke lokasi ujian. Selain itu, bila perlu konsumsi makanan kaya nutrisi dan vitamin agar kesehatan tetap terjaga dan fit pada saat ujian tiba.

    4. Siapkan Keperluan Ujian

    Kartu ujian, kartu identitas,dan alat tulis merupakan hal-hal kecil yang tak boleh diabaikan. Siapkan semuanya sejak malam sebelum ujian. Alat tulis pun harus lengkap, bolpoin, tipe-x, pensil, serutan pensil, penghapus. Usahakan jangan sampai ada yang tertinggal. Hindari meminjam ke peserta lain, karena akan mengganggu konsentrasi saat ujian berlangsung.

    5. Datang Tepat Waktu

    Anda harus datang tepat waktu untuk menghindari keterlambatan. Sekali lagi, jangan sampai bergadang pada malam menjelang ujian, karena besar kemungkinan Anda akan bangun kesiangan. Disarankan, Anda bisa datang 30 menit lebih awal agar suasana hati lebih tenang. Keuntungan lain jika datang lebih awal adalah bisa mencari ruangan tempat ujian dan memastikan tempat duduk yang telah ditentukan.

    Tips tersebut bisa diterapkan oleh 500 finalis Online Scholarship Competition (OSC) with Avitex yang  akan melaksanakan tes final (offline test) di Jakarta padaSenin, 5 Desember 2016. Terlebih lagi bagi Anda yang tinggal di luar Jakarta, disarankan mengatur waktu agar suasana hati lebih fresh dan melaksanakan offline test dengan tenang.

    Metrotvnews.com menggelar kompetisi beasiswa online OSC with Avitex di tahun kedua. Metrotvnews.com telah mengumumkan 500 peserta atau finalis yang lolos seleksi Online Scholarship Competition (OSC) with Avitex pada hari Senin, 28 November 2016. Sebelumnya, mereka telah mengikuti tahapan tes online yang dilaksanakan pada 6 November 2016.

    Offline test akan dilaksanakan di Kuningan City Hall, P7 Jalan Prof. Dr. SatrioKav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan. Pada tahapan ini, peserta akan menghadapi tes dari masing-masing universitas.

    Seperti tahun sebelumnya, tes offline yang akan diujikan pada peserta pun berbeda-beda, tergantung kebijakan tiap universitas. Ada yang melakukan tes akademik, wawancara, psikotes dan bahkan terdapat juga yang menguji listening skill.

    Peserta disarankan mempersiapkan fisik dengan baik, sebab mereka akan mengikuti rangkaian acara yang cukup padat dari pagi hari hingga malam. Offline test akan dilangsungkan pada pukul 08.00-15.00 WIB, dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada Awarding Night pukul 19.00-22.00 WIB.

    Informasi selengkapnya silakan klik di sini.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id