comscore

Viral Nakes Diduga Lecehkan Ibu Hamil, Pernyataan Nakes Bikin Sakit Hati

Cindy - 06 Oktober 2021 16:05 WIB
Viral Nakes Diduga Lecehkan Ibu Hamil, Pernyataan Nakes Bikin Sakit Hati
Ilustrasi ibu bersalin. Freepik
Jakarta: Viral oknum tenaga kesehatan (nakes) diduga melecehkan seorang ibu hamil (bumil) yang hendak melahirkan di sebuah puskesmas di daerah Jembatan Lima, Jakarta Barat. Kejadian tidak menyenangkan itu diceritakan lewat akun Tiktok @stevfanywijjaya.

Wanita pengunggah video yang mengaku saudara ibu hamil itu mengungkap awal kejadian tidak menyenangkan. Dia hendak mengantarkan saudaranya untuk mengecek kondisi kesehatan jelang melahirkan. Sayangnya, ketika sampai di puskesmas ia dan saudaranya justru diperlakukan kurang sopan oleh oknum nakes. 

 



"Tenaga-tenaga medis tersebut mengatakan seperti ini 'kalau tidak ada suami tidak bisa pakai BPJS, kalau ada suami baru bisa pakai BPJS', dengan nada ketus," tulis @stevfanywijjaya dikutip dari video, Rabu, 6 Oktober 2021. 

Viral Nakes Diduga Lecehkan Ibu Hamil, Pernyataan Nakes Bikin Sakit Hati
Tangkapan layar video pernyataan oknum nakes diduga lecehkan bumil. Foto: Tiktok @stevfanywijjaya.

Dia merasa perkataan nakes itu seolah-olah mengecap negatif saudaranya yang datang tidak ditemani suami. Bahkan, para nakes itu terus melontarkan kata-kata tidak pantas saat pasien sedang kontraksi. 

"Langsung seperti di judges kalau dia bukan wanita baik-baik. Bidan tersebut bisa-bisanya menyerang saudara saya yang sedang mules-mules dan nangis-nangis merintis kesakitan dengan pertanyaan 'sudah berhubungan sama berapa cowok bu?'. Pantaskah?," ungkap dia.

Ia menceritakan pelecehan terhadap saudaranya tidak hanya dilakukan oleh satu nakes. Namun, ada  3-5 nakes yang menyampaikan kata-kata tidak pantas pada pasien. 

"Semuanya tidak bermoral dan beretika. Yang membuat saya sangat marah adalah ketika mereka mengecek pembukaan bumil lalu mengatakan 'keputihannya banyak banget'," tulis dia. 

"Lalu salah satu bidan tersebut ada yang menjawab 'ih jorse'. Pantaskah seorang tenaga medis berbicara seperti ini?," tanyanya. 

Dia mengaku memiliki sepotong video sebagai bukti pelecehan terhadap bumil. Dia bercerita tak bisa merekam lebih lama karena sempat diancam oleh satpam terkait Undang-Undang. 

Tanggapan Netizen

Melihat video tersebut, netizen ikut memberikan beragam komentar. Banyak yang menilai perlakuan itu tidak pantas dilakukan oleh tenaga kesehatan. 

"Saya bidan juga dan menurut saya memang tidak pantas bertanya seperti itu, biarlah itu urusannya pasien. Kita cukup melaksanakan kewajiban saja," tulis @FiitRiia Wulandarii. 

"Setahu ku BPJS enggak pernah punya aturan begitu. Siapa saja boleh deh kayaknya menggunakan BPJS selama dia sudah membayar iurannya," tulis @Ira_Juntak. 

"Tidak seharusnya seorang petugas kesehatan berbicara dan berperilaku seeperti itu," tulis @Julia Gouw.

"Sebagai sesama bidan, saya jadi malu. Memang etika para bidan puskesmas ini perlu dibina, waktu saya mahasiswa 70 persen kita praktik di puskesmas memang itu nyata adanya. Mereka judes-judes banget heran kenapa kok begitu padahal digaji dengan layak," tulis @eliseehosianna. 

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id