Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131 KM Resmi Beroperasi

    Nur Azizah - 25 September 2020 15:02 WIB
    Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131 KM Resmi Beroperasi
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Riau. Peresmian jalan sepanjang 131,5 kilometer ini digelar secara virtual.

    "Alhamdulilah pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 km dengan biaya Rp12,18 triliun telah rampung dan telah selesai," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 25 September 2020.

    Jokowi mengatakan jalan tol tersebut sudah bisa dioperasikan penuh. Masyarakat bisa memanfaatkan jalan tol itu untuk mendukung kegiatan produktif.

    Keberadaan jalan tol ini memangkas jarak tempuh Kota Pekanbaru ke Dumai dari 200 km menjadi 131 km. Waktu tempuh masyarakat dan logistik pun akan semakin cepat.

    "Dengan kondisi ini pula truk-truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, angkutan penumpang akan lebih efisien bagi dari segi waktu dan biaya," ujarnya.

    Baca: Akhir 2020, Operasional Tol Trans Sumatra Capai 500 KM

    Tol Pekanbaru-Dumai terdiri atas enam seksi, yakni Seksi 1 Pekanbaru-Minas, Seksi 2 Minas-Kandis Selatan, Seksi 3 Kandis Selatan-Kandis Utara, Seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan, Seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara dan Seksi 6 Duri Utara-Dumai.

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan masyarakat bisa memanfaatkan tol itu gratis untuk sementara waktu. Kebijakan ini hanya berlaku selama dua pekan ke depan.

    "Kita akan sosialisasikan dulu. Yang jadi persoalan, kecepatan melintas di sini bisa sampai 160 kilometer, tidak terasa. Jadi masyarakat harus terbiasa," tutur Basuki, Jumat, 25 September 2020.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id