Satu Warga Rembang Positif Korona

    Antara - 27 Maret 2020 06:31 WIB
    Satu Warga Rembang Positif Korona
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Warga Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dinyatakan positif virus korona (covid-19). Orang ini memiliki riwayat perjalanan dari Bali.

    "Saat ini, tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang sudah bergerak melakukan penelusuran, termasuk penyelidikan epidemiologi tentang riwayat asal usul penyakit yang dialami warga Rembang yang dinyatakan positif covid-19 itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofii dilansir Antara, Kamis, 26 Maret 2020.

    Dia meminta warga yang sebelumnya pernah melakukan kontak langsung ataupun satu ruangan dengan pasien untuk segera memeriksakan diri. Apalagi, sampai mengalami gejala yang mirip terjangkit virus korona.

    Kalaupun tidak ada gejala tersebut, kata dia, warga diharap bersedia melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Terpenting, tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

    "Jika dalam perjalanan muncul gejala, segera periksa ke dokter terdekat untuk dicek apakah memang perlu pengobatan lanjutan atau tidak," ucap dia.

    Baca: Positif Korona Meninggal di Sulsel Bertambah Dua Orang

    Dia memastikan petugas dari puskesmas setempat akan melakukan monitoring terhadap warga yang disinyalir pernah berhubungan langsung atau pernah satu ruang perawatan. Termasuk dokter yang pertama menangani pasien tersebut.

    Berdasarkan informasi, pasien tersebut kembali dari tempat perantauan Bali. Dia tiba di Rembang pada 15 Maret 2020.

    Satu Warga Rembang Positif Korona
    Ilustrasi Medcom.id

    Pasien berobat ke dokter pada 17 Maret 2020, setelah mengalami sakit dengan gejala mirip terpapar virus korona. Dari situ, pasien kemudian dirujuk ke RSUD dr R Soetrasno Rembang.

    "Dari pihak RSUD Soetrasno Rembang, langsung dirujuk ke Rumah Sakit Wongsonegara Semarang," ujarnya.

    Usai melakukan pemeriksaan, kata Ali, orang tersebut kemudian ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). Tak lama, pasien terkorfirmasi positif covid-19.

    "Saat ini masih dirawat di Semarang," tegas dia.

    Total pasien positif korona per Kamis, 26 Maret 2020, menjadi 893 orang. Pasien yang meninggal mencapai 78 jiwa, sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh menjadi 35 orang.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id