Berkat Kapal Betung, Bakauheni-Palembang Rampung Hanya 3,5 Jam

    Rendy Renuki H - 26 Januari 2021 16:55 WIB
    Berkat Kapal Betung, Bakauheni-Palembang Rampung Hanya 3,5 Jam
    Presiden Jokowi meresmikan ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung, Selasa (26/1) (Dok. Sekretariat Presiden)



    Jakarta: Ruas baru Tol Trans Sumatra, Kayu-Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa 26 Januari 2021. Berkat ruas tersebut, kini jarak tempuh Bakauheni-Palembang hanya membutuhkan waktu 3,5 jam.

    Sebelum adanya seksi ruas baru itu, jarak tempuh Bakauheni-Palembang memakan waktu 12 jam. Pasalnya kedua daerah tersebut diestimasikan memiliki jarak sejauh 373 kilometer.






    "Jarak tempuh dari Bakauheni ke Palembang yang berjarak 373 kilometer yang biasanya ditempuh 12 jam perjalanan darat, sekarang hanya perlu waktu 3 sampai 3,5 jam," kata Jokowi saat peresmian.

    Jokowi menekankan Kapal Betung ini merupakan poros utama JTTS (Jalan Tol Trans Sumatra). Diharapkan, pembangunan tol ini bisa meningkatkan perekonomian Sumatera Selatan.

    "Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75 persen. Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan daya saing besar bagi Palembang, bagi Lampung," sambungnya.

    Sebelumnya, Tol Kapal Betung telah dioperasikan sepanjang 33,5 kilometer sejak 1 April 2020. Pengoperasian itu dimulai dari Gerbang Tol (GT) Kayu Agung hingga GT Jakabaring.

    Kini, Tol sepanjang 111,69 kilometer itu telah beroperasi hingga GT Kramasan. Beroperasinya ruas baru ini merupakan lanjutan dari seksi sebelumnya yang telah beroperasi.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id